Waspada Asupan Pemicu Aroma Tak Sedap

brokoli
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Sebelum beraktivitas, Anda tentunya mandi dengan sabun beraroma segar. Tetapi, beberapa jam kemudian, aroma tak sedap muncul. Jangan dulu "menyalahkan" sabun atau parfum yang tak tahan lama. Bisa jadi, asupan yang dikonsumsi merupakan pemicunya.

Apa yang Anda makan dan minum memang akan berpengaruh pada aroma tubuh. Secara sains, seperti dikutip dari The Daily Meal, tubuh memetabolisme senyawa beraroma belerang yang ditemukan dalam banyak asupan. Aroma pun akan masuk ke dalam aliran darah termasuk kelenjar keringat. Waspadalah saat mengonsumsi asupan ini.

1. Brokoli dan kembang kol
Jenis sayuran ini memang sangat kaya antioksidan. Cepat membuat kenyang serta membantu membuang racun. Tapi, brokoli dan kembang kol memiliki efek buruk pada aroma tubuh. Kandungan sulfurnya yang cukup tinggi akan membuat tubuh beraroma lebih kencang dari biasanya.

2. Bawang

Rasa bawang, baik bawang merah, putih, dan bombay sangat kuat. Itu tak lepas dari kandungan minyak pedas dan sulfurnya. Setelah dikonsumsi, keduanya juga masuk ke dalam aliran darah, meresap ke paru-paru, dan keluar melalui napas. Tak heran setelah mengonsumsi makanan kaya bawang, napas jadi agak berbau.

3. Makanan kaya serat

Sayuran, camilan gandum, dan berbagai makanan kaya serat juga jadi pemicu bau badan. Hal ini banyak tak disadari. Makanan serat tinggi mengandung gas seperti hidrogen, karbon dioksida, dan metana. Ketika dicerna akan membuat perut terasa kembung dan mengeluarkan gas sangat berbau.

4. Kopi
Minuman satu ini sering kali tersaji di berbagai pertemuan. Hati-hati jika ingin terlalu banyak mengonsumsi kopi, karena bisa menimbulkan bau napas tak sedap. Kopi sangat asam, yang langsung mengering di mulut.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Ketika air liur berkurang, bakteri tumbuh dan tercampur dengan senyawa belerang yang menciptakan bau mulut. Level kafein yang tinggi pada kopi juga akan merangsang pusat sistem saraf dan menyebabkan kelenjar keringat lebih aktif. (art)

Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024