Studi: Wanita Periang Sulit Naik Jabatan ke Level Atas

Pebisnis Wanita
Sumber :
  • iStockphoto

VIVAlife - Dalam dunia kerja, promosi jabatan merupakan hal yang paling dinanti. Selain sebagai bentuk penghargaan atas prestasi, promosi jabatan juga diketahui bertujuan merangsang produktivitas seseorang.

Namun untuk memperoleh promosi jabatan tak semudah itu. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan perusahaan. Khusus pegawai wanita, mereka cenderung akan mendapat promosi jabatan ke level atas jika memiliki sifat dominan, tegas, dan berkemauan keras.

Sementara pegawai wanita dengan sifat ceria atau periang justru cenderung kurang mendapat promosi jabatan ke level atas. Hal ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan ekonom Technische Universitat Munchen (TUM), Jerman.

"Wanita yang tampak ceria dinilai kurang mampu memimpin," ujar ketua penelitian, Profesor Isabell Welpe seperti dilansir laman Daily Mail.

Meski demikian, dalam studi tersebut juga disebutkan bahwa pegawai wanita yang paling bekerja keras sekalipun juga akan sulit menempati posisi puncak karena stereotip gender atau jenis kelamin.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

Tanpa Kompromi

Bos wanita memang dianggap pandai bernegosiasi, mengembangkan strategi dan memiliki keterampilan mengembangkan jaringan yang sangat baik guna memperluas bisnis. Namun sayangnya perusahaan menginginkan seorang bos yang benar-benar bossy --tangguh dan tanpa kompromi--.

Ekonom TUM melakukan serangkaian skenario dengan melibatkan pegawai dari berbagai perusahaan. Para relawan kemudian diminta memilih kandidat bos yang potensial serta membuat daftar kualitas dan karakteristik dari masing-masing kandidat.

Pegawai yang memilih pekerja wanita sebagai kandidat potensial melihat adanya kualitas tertentu, seperti keterampilan negosiasi, kekuatan dalam jaringan dan strategi. Namun, mereka tetap lebih memilih pria sebagai bos.

"Bahkan keterampilan ini tidak cukup," ucap Welpe. (ren)

Pujian Shin Tae-yong untuk Australia Meski Dipecundangi Timnas Indonesia U-23
Ilustrasi Zodiak

Ramalan Zodiak Jum’at 19 April 2024, Sagitarius: Teman dekat Mungkin Mengkhianatimu

Ramalan zodiak Jum’at, 19 April 2024. Sagitarius, waspadalah terhadap kemungkinan pengkhianatan dari seorang teman dekat. Jangan ragu mengejar peluang bisnis baru Pisces.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024