Serangga, Makanan Sehat Masa Depan

Hidangan ekstrem dari serangga
Sumber :
  • amusingplanet.com
VIVAlife - Mengkreasikan serangga sebagai hidangan lezat ternyata ada rumusannya. Para ahli kuliner menaminya dengan entomophagy. Meski masih dianggap aneh, nyatanya serangga memang dapat diolah sebagai makanan nikmat.
Terungkap, Arti Nama Anak Perempuan Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

Sebut saja kalajengking, kumbang, larva, dan kecoa yang sudah umum dikonsumsi Amerika Selatan, Utara, Tengah, Australia, Afrika, bahkan beberapa Negara Asia. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) malah menganjurkan makanan ini sebagai solusi masalah pangan dan kesehata dunia. Serangga disebut sebagai makanan bergizi dan ramah lingkungan.
Cara BRI Sikapi Ketidakpastian Global dan Era Suku Bunga Tinggi

Nilai gizi serangga lebih tinggi, bahkan mengalahkan daging dan ikan sebagai sumber protein. Serangga juga kaya akan serat mikro seperti tembaga, besi, magnesium, fosfor, selenium, dan zinc. 
Kombes Ade Safri Ungkap Belum Ada Permohonan Penangguhan Penahanan TikToker Galih Loss

Seperti ditulis CNN, ekor kalajengking goreng misalnya, merupakan bagian paling bergizi. Fungsinya sebagai obat anti inflamasi dan meningkatkan sirkulasi darah. Selain jenis kalajengking, penelitian juga menyebut bahwa belalang mengandung protein tinggi, dan serangga jenis kuda laut mampu meningkatkan fungsi ginjal.

Di China, makanan-makanan tersebut termasuk dalam jajaran makanan mahal yang biasa diolah menjadi sup. Sedangkan di Thailand, serangga dikemas dalam bentuk makanan kaleng dan beku yang dijajakan sebagai makanan pokok. (adi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya