Mengenal Ragam Berry, Si Buah Super

Raspberry
Sumber :
VIVAlife -
Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini
Kelompok buah Berry memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, sayangnya tingkat konsumsi buah ini masih sedikit di Indonesia. Banyak masyarakat yang masih belum memahami manfaat buah Berry.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita Minta Rp100 Juta Ditangkap

Kelompok buah ini memang sulit didapat karena hanya tumbuh di luar Indonesia. Selain itu, buah Berry juga tergolong cukup mahal dibandingkan dengan buah kategori tropis. Tapi, tak salah sesekali Anda khusus mencari dan mengkonsumsinya karena khasiat supernya bagi kesehatan.
Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia


“Buah kategori keluarga Berry sering dikenal dengan sebutan super fruits karena memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Kandungannya yaitu anthocyanin, zat antioksidan tinggi dan sangat baik untuk pencernaan,” kata dokter ahli gizi dan pengajar di Universitas Indonesia, dr Fiastuti Witjaksono, SpGk yang ditemui di kawasan Wijaya pada acara Gathering Jakarta Food Editor's Club yang diselenggarakan Unilever.


Menurut dr Fiastuti, sebagian besar kelompok buah Berry mengandung anthocyanin, ellagic acid dan flavonoid yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan serat dan mineral juga sangat tinggi seperti magnesium, potassium dan mangan. 


Magnesium dan potassium penting bagi kesehatan sistem saraf dan metabolisme tubuh. Lalu mangan, berperan penting dalam melindungi sel dari radikal bebas akibat polusi, asap rokok, makanan, dan lain-lain. Bagi Anda yang tertarik untuk mengenal manfaat kelompok buah Berry, simak daftarnya berikut ini.


Blueberry

Buah berries berwarna biru keunguan yang memiliki daging buah berwarna putih ini, berasal dari Amerika Utara dan dapat tumbuh di area sub tropis. Blueberry mengandung zat gizi anthocyanin, mangan, vitamin B6, vitamin K, dan serat yang dapat memberikan efek baik pada kesehatan. Ukuran 1 cangkirnya (143g) mengandung 3,6 gram serat. Sebuah studi dari University of Michigan Cardivascular Center menyebutkan bahwa buah ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung.


Cranberry

Berbentuk bulat dan mungil, buah Berries yang berwarna merah ini sangat terkenal di Amerika. Cranberry mengandung zat gizi anthocyanin, phenolic acid dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, Cranberry juga mengandung vitamin C, serat, mangan, vitamin K, dan vitamin E yang baik untuk kecukupan gizi sehari-hari. Ukuran 1 cangkirnya (100g) mengandung 4,6 gram serat, hampir memenuhi 20 persen angka kecukupan serat harian, baik untuk kesehatan saluran pencernaan.


Strawberry

Buah yang berwarna merah dan biasa dapat ditemui di berbagai negara, mengandung zat gizi anthocyanin, phenolic acid, vitamin C, mangan dan fiber. Strawberry mengandung kadar vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen. Kandungan serat dalam satu cangkir (144g) strawberry adalah 3 gram, sudah berkontribusi 10 persen terhadap asupan serat harian.


Raspberry

Tanaman raspberry biasa dapat tumbuh di negara dengan iklim lembap. Buah yang berwarna merah ini mengandung zat gizi ellagic acid, flavonoid, vitamin C, potassium dan serat yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin K dan vitamin E pada Raspberry juga dapat membantu mencegah penggumpalan darah dan menjaga kesehatan sel dalam tubuh. Selain itu, Raspberry juga kaya akan kandungan serat yang dapat membantu kelancaran sistem pencernaan dalam tubuh. Sekitar satu cangkir (123g) akan memberikan sekitar 1/3 kebutuhan serat harian.


Blackberry

Buah berries berwarna ungu tua ini biasa tumbuh di belahan bumi bagian utara, di wilayah subtropis seperti Amerika Utara dan Eropa. Selain nikmat karena rasanya yang manis, Blackberry mengandung zat gizi ellagic acid, anthocyanin, vitamin E, vitamin K, mangan, magnesium, kalsium, dan vitamin C. Sama seperti buah Raspberry, 1 cangkir blackberry (144g) sudah membantu penuhi 1/3 kecukupan serat harian. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya