Tiga Trik Mudah Mengatasi Cegukan

Cegukan.
Sumber :
VIVAlife -
Kuasa Hukum Sebut Harvey Moeis Tidak Akan Ajukan Praperadilan
Tiba-tiba Anda tidak bisa mengontrol bunyi dari mulut dan tenggorokan. Cegukan muncul dan rasanya sangat menyebalkan. Ini bisa terjadi ketika kontraksi terjadi di diafragma, yaitu selembar besar otot yang memisahkan rongga dada dari rongga perut.

Cerita Soal Baby Box, Ria Ricis Seolah Pertegas Tentang Nafkah Batin

Kejang ini, seperti dilansir dari
Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi
WebMD, menyebabkan asupan napas yang tiba-tiba berhenti oleh penutupan pita suara (glotis). Penutupan inilah yang memicu rasa tak nyaman dan suara cegukan. Biasanya, cegukan muncul karena makan terlalu banyak dan cepat.


Terlalu banyak minum alkohol, merokok dan perubahan temperatur secara cepat pada perut setelah makan panas dan minum dingin. Stres dan rasa senang berlebihan juga bisa menyebabkan cegukan. Untuk mengatasinya, coba lakukan tiga langkah ini.


1. Konsumsi gula atau madu

Satu sendok makan gula atau madu bisa meredakan cegukan. Itu karena rasa manisnya akan mengiritasi tenggorokan, dan area sekitar melakukan penyesuaian, sehingga cegukan berhenti.


2. Tahan napas

Ini merupakan cara klasik untuk mengatasi cegukan. Caranya dengan menahan napas selama 5 detik. Metode ini menghambat stimulasi dari otak ke diafragma dan menghentikan cegukan.


3. Minum

Dengan minum, Anda akan cenderung mengubah ritme napas. Cegukan makin efektif teratasi dengan minum sambil menahan napas.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya