Seberapa Aman Susu Murni Bagi Kesehatan?

Ilustrasi susu
Sumber :

VIVAlife - Empat sehat lima sempurna. Ya, susu menjadi minuman yang dapat menyempurnakan gizi dan protein dalam tubuh. Beragam produk susu pun hadir dengan berbagai rasa dan kemasan.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Datang ke Rumah Prabowo, Surya Paloh Sebut Ada Urusan Pilkada

Ada yang suka dan sudah merasa cukup dengan susu yang sudah dikemas. Namun ada yang menganggap bahwa susu murni jauh lebih baik dan lebih bergizi karena belum melalui proses apapun.

Bagi sebagian orang, susu murni masih lebih bergizi karena dianggap belum dipasteurisasi atau dihomogenisasi. Selain itu, susu murni juga belum melalui proses pemanasan, sehingga tidak membunuh patogen.

Namun ternyata, kebersihan susu murni justru dipertanyakan pakar kesehatan. Seperti dilansir laman Foxnews, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA/US Food and Drug Administration), susu murni atau susu mentah dapat menjadi  pelabuhan bagi mikroorganisme berbahaya yang dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Terutama penyakit yang berasal dari makanan.

Untuk diketahui penyakit-penyakit yang berasal dari makanan biasanya disebabkan oleh bakteri seperti Salmonella, E. coli, dan Listeria. Lebih lanjut FDA mengklaim bahwa pasteurisasi tidak menyebabkan intoleransi laktosa atau reaksi alergi, sehingga tidak akan mengurangi nilai gizi pada susu.

Tetapi penggemar susu murni memiliki pengalaman yang berbeda. Mereka bersikeras bahwa susu murni yang menjadi pilihan mereka justru lebih aman daripada susu yang telah dipasteurisasi karena diperoleh dari sapi yang sehat. Sedangkan pakar kesehatan berpendapat bahwa rumput  yang dimakan oleh sapi ternak rawan akan bakteri berbahaya.

Menurut data yang dirilis oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di awal tahun ini, hampir setengah dari penyakit yang berasal dari makanan di Amerika Serikat sejak tahun 1998-2008, terkait oleh buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran hijau dan sayuran lainnya. Sedangkan susu merupakan sumber makanan kedua yang paling banyak menyebabkan infeksi.

Namun, apapun susu yang Anda pilih. Murni atau kemasan, tetap pastikan bahwa susu yang Anda konsumsi telah steril dan aman bagi tubuh Anda.

Viral Pajero Polisi Kabur Usai Tabrak Lari Avanza Warga, Kombes Hadi Ungkap Faktanya
Evakuasi penemuan mayat. (Foto ilustrasi).

Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

Warga Desa Pakis, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, digegerkan oleh aksi dugaan pembunuhan yang dilakukan oleh MO (64 tahun) terhadap istrinya sendiri, TA.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024