Hindari Lima Asupan Ini Saat Haid

Kopi
Sumber :
  • greatcoffeeideas.wordpress.com

VIVAlife - Bagi sebagian besar kaum hawa, menstruasi memang menjadi hal yang menyebalkan. Saat haid, biasanya jerawat di wajah akan bermunculan, suasana hati menjadi mudah berubah, nafsu makan meningkat, dan cenderung sensitif.

Ditanya Soal Kebencian Chef Arnold, Begini Jawaban Codeblu

Belum termasuk, dengan rasa nyeri di bagian bawah perut yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, terdapat beberapa jenis makanan yang dapat Anda hindari untuk meminimalisir hal-hal di atas.

Kafein
Seperti dilansir laman Boldsky, kafein mampu membuat pembuluh darah Anda menyempit dan menyebabkan dehidrasi. Jika mengonsumsi kafein saat menstruasi, wanita umumnya akan merasa tidak nyaman dan sakit kepala serta meningkatkan rasa cemas.

Makanan tinggi gula
Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi seperti permen, cokelat, soda dan sebagainya mampu meningkatkan tingkat gula darah. Hal tersebut akan menyebabkan Anda menjadi lebih sensitif dan moody.

Makanan kalengan
Makanan yang telah diproses dipabrik adalah jenis makanan yang harus dihindari saat menstruasi. Makanan tersebut umumnya mengandung sodium yang dapat menyebabkan meningkatkan jumlah air yang disimpan di dalam tubuh dan menimbulkan kembung. Sebab itu, hindari makanan seperti keju, makanan kaleng, kecap asin dan MSG.

Produk gandum
Produk gandum seperti pasta dan roti kehilangan berbagai nutrisi yang terkandung dalam gandum, karena telah melewati serangkaian proses pembuatan. Untuk itu, produk gandum mampu memengaruhi tingkat gula darah dan menyebabkan Anda mudah lapar. Tentu saja, kedua hal tersebut juga akan berakibat pada semakin memburuknya rasa nyeri dan keram saat menstruasi.

Gorengan
Makanan yang dimasak dengan cara digoreng mengandung lemak dan minyak yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan tingkat estrogen. Jenis minyak apapun akan menyebabkan hal ini terjadi. Untuk itu, hindari gorengan untuk menjaga tingkat estrogen tetap stabil sehingga mampu menurunkan nyeri saat menstruasi. (asp)

Mooryati Soedibyo Meninggal di Usia 96 Tahun, Tantowi Yahya: Saya Bersaksi Ibu Orang Baik
Calon presiden Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menghadiri acara deklarasi Gema PS mendukung Prabowo-Gibran di Blitar, Jawa Timur, Minggu, 17 Desember 2023.

AHY Cuti Demi Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI

Menteri ATR/BPN sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan hadir dalam penetapan presiden dan wakil presiden RI di KPU hari ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024