Ekstrem, Lomba Lari Menapaki 12 Ribu Anak Tangga

Niesenlauf, lomba menapaki anak tangga di Swiss
Sumber :
  • www.niesenlauf.ch
VIVAlife –
Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk
Jika Anda ingat film Kung Fu Panda, Po, sang panda pahlawan, punya musuh besar. Bukan ahli bela diri, melainkan tangga yang dimatanya selalu tak berujung. Begitu pula dengan tangga di Gunung Niesen, Swiss.

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool

Tangga menjulang yang berjarak 3,4 km tersebut kerap disebut Piramida Swiss oleh warga setempat, karena bentuknya yang menyerupai piramida. Tangga tersebut menempel di sisi Gunung Niesen dan punya hampir 12 ribu anak tangga, dimulai dari ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, dan menanjak hingga 2363 meter, dekat puncak gunung.
PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024


Tidak mudah menapaki tangga tersebut karena kemiringannya yang termasuk curam, rata-rata kemiringannya mencapai 65 persen atau nyaris tegak lurus.


Demi alasan keamanan, tangga curam tersebut biasanya ditutup untuk umum. Meskipun begitu, setahun sekali, di bulan Juni, pemerintah Swiss membuka tangga tersebut untuk sebuah lomba ekstrem: lari menapaki tangga dari bawah hingga ke puncak atau “Niesen Treppenlauf”.


Lomba lari menapaki tangga itu merupakan satu-satunya di dunia. Umumnya, lomba ini diikuti sekitar 500 partisipan dari seluruh dunia. Mereka harus mendaftar satu tahun sebelumnya guna mengikuti lomba tersebut dan berusaha memecahkan rekor.


Saat ini, rekor tercepat untuk pria menapaki Niesenlauf adalah 1 jam 2 menit, sementara wanita 1 jam 9 menit.


“Itu merupakan rekor yang luar biasa, mengingat mendaki Niesenlauf sama dengan tujuh kali bolak-balik mendaki Menara Empire State Building,” ujar Peter, salah satu partisipan asal Amerika Serikat, yang dilansir
Oddity Central.


Namun, bagi mereka yang ingin mencapai puncak tanpa harus repot mendaki, terdapat kereta gantung yang bisa mengantar sampai ke tujuan. Hanya butuh 28 menit duduk dalam kereta, Anda bisa melihat pemandangan menakjubkan pegunungan Alpine. Tertarik mencoba? (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya