7 Fakta Unik Terung yang Belum Terungkap

Terong.
Sumber :

VIVA.co.id - Warna ungu gelap yang indah, dan bentuk yang lonjong adalah dua karakteristik sayuran. Di Indonesia terung terbilang umum disantap, baik itu digoreng, dibuat hingga dijadikan bahan pembuat semur.

RESEP: Enam Sajian Lezat dari Terong

Tak hanya di Indonesia, terung juga begitu populer di berbagai negara di Asia hingga Eropa.

Bagi Anda, terung mungkin sayuran biasa yang tidak memiliki keistimewaan. Namun, tunggu sampai Anda membaca sejumlah fakta mengenai terung seperti yang dilansir dari The Daily Meal berikut ini:

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Baca juga:

1. Walaupun dalam bahasa Inggris, terong disebut dengan eggplant, namun di Inggris dan Prancis, sayuran ini disebut aubergine.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

2. Terung memang merupakan salah satu jenis sayuran, namun terung sebenarnya merupakan anggota keluarga buah berry.

3. Biji terung mengandung nikotin, dan terung memiliki konsentrasi nikotin yang paling tinggi dibandingkan tanaman lainnya. Nikotin memberikan terung cita rasa pahit yang khas. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena sekitar 9 kilogram terung hanya mengandung nikotin seperti yang terkandung di dalam satu batang rokok.

4. Terung juga mengandung nasunin, antioksidan yang sangat kuat yang mampu melindungi membran-membran sel otak dari radikal bebas dan menjaga otak tetap sehat.

5. Walaupun terung sering dihubungkan dengan kuliner Italia dan Mediterania, terung sebenarnya berasal dari Asia. Orang Tiongkoklah yang pertama kali membudidayakan tanaman terong di antara Tiongkok selatan dan Kamboja pada abad ke-5 SM. Terung baru tiba di Eropa barat sekitar abad ke-14.

6. Terung dalam bahasa Inggris disebut eggplant karena pada abad ke-18, produk terung terlihat seperti telur ayam mungil berwarna putih.

7. Sebagai negara yang pertama kali membudidayakan terung, Tiongkok hingga saat ini menanam jumlah terung terbanyak di dunia. Setiap tahunnya, Tiongkok menanam lebih dari 28 juta ton terung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya