Tips Investasi Barang Antik Untuk Pemula

Barang Antik
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Shalli Syartiqa
VIVA.co.id
Cara Unik Investasi: Koleksi Barang Antik
- Investasi menjadi cara banyak orang untuk menyisihkan sebagian penghasilannya. Ada yang memilih properti, ada pula emas. Tetapi, pernahkah Anda berpikir untuk melakukan investasi barang antik?

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi
Ya, jika Anda penggemar atau kolektor barang antik, menjadikan koleksi Anda sebagai investasi adalah salah satu pilihan yang tepat. Apalagi nilai jualnya terbilang lumayan, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan dan bahkan ratusan juta untuk barang antik yang tergolong langka. Peminatnya pun cukup banyak.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel
Sebelum memulai investasi, ada hal-hal yang patut Anda ketahui agar investasi pun berjalan lebih lancar. Berikut ini adalah beberapa tips invasi barang antik dari seorang kolektor sekaligus arsitek Bagus Supriadi.

Jalin relasi

Menurut Bagus, Anda bisa bergabung dengan komunitas-komunitas kolektor barang antik. Dengan begitu, Anda bisal lebih mudah menjalin koneksi sesama kolektor dan dapat melakukan jual beli barang dengan orang-orang yang bisa Anda percaya.

Perawatan 

Meski antik dan berusia tua, tentu barang yang Anda jual harus dalam keadaan baik. Untuk itu, Anda harus sangat teliti dalam hal perawatan dan penyimpanan. Biasakan untuk melapisi barang dengan plastik. Apalagi barang antik yang berbahan kertas. Itu karena plastik akan membuatnya aman dan terbebas dari rayap.

Membersihkan

Bersihkan koleksi barang antik Anda secara rutin agar bebas debu dan awet. Itu bisa dilakukan dengan cara diangin-angin atau dibersihkan dengan kain. lakukan hal tersebut minimal seminggu sekali. 

"Kalau ada kardusnya, harga akan lebih mahal. Tint (bahan seperti kaleng) yang sudah lama itu sering laku, day cash juga," kata Bagus.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya