Bebas Repot Saat Mudik Bersama Anak-anak

Mudik bersama buah hati
Sumber :
  • REUTERS/Jason Lee

VIVA.co.id – Pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama sanak saudara yang sudah lama tidak berjumpa memang menyenangkan. Tapi, jika mengingat repotnya menyiapkan perlengkapan mudik dan betapa melelahkan perjalanannya membuat Anda menjadi segan.

Tips Simpan Bahan Makanan di Kulkas dan Cara Menghangatkannya

Sekarang Anda tak perlu merasa kewalahan lagi, dengan trik yang dilansir Times of India, perjalanan mudik Anda akan terasa lebih ringan. Meski mudik banyak dilakukan sepekan menjelang Lebaran, tak ada salahnya, simak tips ini dari sekarang.

Saat Mengepak Barang Bawaan

Tips Bijak Hadapi Promo Saat Ramadan Supaya Tak Boros

Lipat pakaian berpasangan dan masukkan dalam tas yang lebih kecil. Setelah Anda memakainya, Anda bisa memasukkannya kembali di sana. Pilih pakaian yang tidak mudah kusut sehingga menghemat waktu Anda untuk menyetrikanya kembali. Lalu, lapisi setiap pakaian dengan plastik laundry atau kain. Tempatkan baju yang digulung di bagian bawah dan baju yang dilipat di sampingnya. Cara ini memudahkan membongkar pakaian.

Aksesoris dan Pelengkap

Berkumur dan Sikat Gigi Bikin Puasa Batal?

Tak hanya membawa pakaian, aksesoris dan pelengkap lainnya juga sering dibawa saat mudik. Seperti halnya kaus kaki. Untuk menyimpannya, masukkan kaus kaki ke dalam sepatu atau Anda bisa menggunakan sepatu sebagai tempat menaruh charger atau kabel gadget lainnya. Kaus kaki juga bisa Anda gunakan untuk menyimpan parfum dan barang lain yang mudah pecah. Anda juga bisa menggunakan wadah obat atau lensa kontak untuk menaruh aksesoris dan perhiasan.

Make-Up dan Perlengkapan Mandi

Pisahkan lotion, foundation, dan alat-alat make-up cair lainnya dengan plastik untuk menghindari tumpahannya mengenai barang Anda yang lain. Bawalah perlengkapan mandi dalam ukuran kecil untuk bepergian seperti pasta gigi, shampoo, dan sabun yang bisa langsung dibuang setelahnya.

Saat Perjalanan

Dari anak-anak yang rewel hingga orangtua yang ingin ke toilet, Anda harus tahu bagaimana menghadapinya.
Pakaikan buah hati Anda baju berlapis. Jika mereka menumpahkan sesuatu dan mengotorinya, Anda tinggal membuka baju bagian atasnya saja, tak perlu harus membongkar koper lagi.

Tak hanya itu, jangan lupa lapisi kursi kendaraan dengan handuk agar kotoran tidak langsung mengenai kursi dan Anda cukup membersihkan handuknya saja.

Bawa Mainan

Bawalah papan permainan dan buku. Untuk menghibur anak-anak di perjalanan, Anda bisa mengajaknya bermain atau membuat cerita dari hal-hal yang Anda lihat di jalan.

Bawa Makanan Ringan

Bawa persediaan makanan ringan yang cukup. Semakin berwarna, semakin baik. Makanan ringan tidak hanya menolong ketika mereka merasa lapar tapi juga bisa mereka gunakan sebagai permainan.

Jika si bungsu mulai tidak sabar dan menanyakan berapa lama lagi akan sampai, ajak dia untuk memperkirakannya sendiri dengan melihat peta. Jika Anda menggunakan pesawat, berikan permen karet atau lolipop pada anak-anak ketika take off dan landing.

Jika Anda memutuskan untuk berhenti di suatu tempat, cari tahu sebelumnya apakah di lokasi tersebut terdapat juga tempat menarik untuk dikunjungi seperti taman bermain atau tempat bersejarah. Anda bisa memanfaatkannya untuk bersantai sekaligus berwisata.

Obat-obatan

Jangan lupa juga membawa kotak obat karena Anda tidak pernah tahu kapan membutuhkannya.

Laporan: Adinda Permatasari

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya