Ayah, Lakukan Ini untuk Bangun Ikatan dengan Buah Hati

Ilustrasi ayah dan anak.
Sumber :
  • Pixabay/White77

VIVA.co.id – Seringkali, jika menyangkut masalah pengasuhan, hanya ibu yang selalu mendapat nasihat. Banyak yang lupa bahwa ayah juga memiliki peran sama penting dalam kehidupan seorang anak. Memang, di kebanyakan rumah tangga ayah adalah pencari nafkah yang sebagian besar waktunya habis untuk bekerja.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Meski begitu, sangat penting bagi ayah untuk memberikan waktu berkualitas bersama buah hatinya. Karena, ayah adalah panutan bagi anak-anak mereka. 

Menjadi ayah yang baik tidaklah cukup hanya dengan memberikan apa yang buah hati butuhkan. Namun, penting pula untuk selalu berkomunikasi dengan mereka dan memahami mereka dengan lebih baik lagi.

Potret-Potret Menggemaskan Buah Hati Pertama Pasangan Jessica Milla dan Yakup Hasibuan

Anak-anak memandang ayah mereka sebagai figur yang melindungi yang selalu ada untuk memberikan mereka dukungan kapanpun. Menjadi ayah memang bukan tugas yang mudah dan menjadi ayah yang baik adalah tugas yang lebih berat lagi.

Bagi Anda para ayah, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi ayah luar biasa bagi buah hati Anda seperti dikutip dari laman Boldsky.

Dimas Seto dan Dhini Aminarti Punya 46 Anak Asuh: Qadarallah Belum Dikasih Keturunan

Berikan waktu berkualitas

Sangat dimengerti jika Anda sangat sibuk dan punya jadwal pekerjaan yang padat. Namun, Anda juga harus meluangkan waktu untuk buah hati setiap hari, meski hanya sebentar. 

Jangan pernah memukul 

Seringkali ayah cenderung keras kepada buah hati mereka, dan menggunakan kekerasan fisik sebagai cara untuk mendisiplinkan mereka. Tapi, melakukan kekerasan fisik bisa berdampak serius pada anak dan mempengaruhi kondisi psikologis mereka secara negatif.

Ketika Anda menggunakan kekerasan dalam mendidik, mereka kemungkinan akan menjadi anak yang suka melawan dan tidak menyukai Anda, atau mereka akan menjadi sangat takut pada Anda. Kedua hal itu hanya akan membuat hubungan Anda dengan buah hati menjadi tidak baik.

Jadi panutan yang baik

Kebanyakan anak cenderung mempelajari banyak hal dari ayah mereka, jadi penting bagi Anda untuk menjadi panutan yang baik bagi mereka. Hargai ibu mereka, jauhi sikap buruk, ajarkan mereka tentang moral, kesabaran, dan kebaikan. Buah hati Anda pasti akan menyerap contoh positif ini dari Anda dan tumbuh menjadi warga negara yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya