Resep: Sorbet Buah Naga, Cocok untuk Berbuka

Sorbet Buah Naga
Sumber :
  • obsessioncooking

VIVA.co.id – Jika Anda penggemar es krim, atau sedang ingin menikmati es krim namun takut penumpukan kalori dalam tubuh, Sorbet mungkin jawaban yang tepat untuk menikmati es krim dengan kalori yang rendah.

RESEP: Es Kopi Alpukat yang Bikin Nyess di Tenggorokan

Apa itu sorbet?

Jika kita telah lama mengenal es krim bahkan sejak masih kanak-kanak, sorbet mungkin kata baru yang terdengar asing di telinga kita. Padahal mirip dengan es krim, sorbet merupakan salah satu jenis hidangan penutup beku yang terbuat dari air gula yang ditambahkan perasa seperti buah, jus buah, bubur buah, serta terkadang di beberapa tempat, pada hidangan ini ditambahkan minuman keras seperti wine atau liquor.

RESEP: Aquarium Happiness, Minuman Unik Pelepas Dahaga

Sorbet biasanya sering salah dikira sebagai es Italia yaitu gellato dan sering disebut sebagai sherbet. Sorbet biasanya mengandung alkohol yang dapat menurunkan suhu pembekuan sehingga menghasilkan tekstur yang lembut. Namun jangan khawatir jika Anda tidak mengonsumsi minuman beralkohol maka cukup menambahkan buah-buahan segar dalam sorbet buatan Anda.

Resep sorbet buah naga

Resep Jus Mangga Thailand yang Hit di Kalangan Anak Muda

Jika anda ingin mencoba membuat sorbet di rumah, maka berikut resep yang dapat dicoba.

Bahan:

2 buah naga merah ukuran sedang
100 gram gula bubuk
1 sendok makan air jeruk lemon
100 ml air es

Cara Membuat:

  1. Kupas buah naga merah, potong kecil-kecil setebal 1 cm lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara.
  2. Masukkan ke dalam freezer selama 2 hingga 3 jam, hingga beku.
  3. Masukkan buah naga merah beku ke dalam blender atau food processor bersama dengan gula bubuk dan air jeruk lemon, lalu proses hingga halus.
  4. Tambahkan air es sedikit demi sedikit lalu proses kembali.
  5. Bekukan adonan sorbet.
  6. Keluarkanadonan sorbet beku, kemudian proses kembali dengan blender atau food processor lalu bekukan kembali. Ulangi proses ini hingga tercipta tekstur yang lembut seperti es krim.
  7. Sorbet siap dinikmati.

Catatan:

Penggunaan buah naga merah dapat diganti dengan beraneka buah seperti stroberi, pisang, melon, pepaya, semangka, mangga, dan lain sebagainya. Sementara bahan perasa untuk sorbet juga dapat diganti atau dikombinasikan dengan sirup vanila, santan, jeruk nipis, lemon, dan sebagainya. Jangan takut berkreasi dengan sorbet anda. Selamat mencoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya