Enam Makanan yang Ampuh Atasi Dehidrasi

Memanen mentimun
Sumber :
  • Antara/ Syaiful Arif
VIVA.co.id
Makan Gorengan saat Sahur Bisa Picu Kulit Kering
- Apakah Anda termasuk orang yang lupa mengonsumsi 8 gelas air setiap hari? Jika ya, ada kemungkinan Anda akan rentan terkena dehidrasi ketimbang mereka yang rajin mengonsumsi cukup air setiap hari.

Agar Tak Mudah Haus, Hindari Makanan Ini Saat Sahur

Seperti yang kita ketahui, 60 persen tubuh mengandung cairan dan organ vital dalam tubuh membutuhkan cairan agar tetap berfungsi dengan baik. Ketika tubuh kekurangan cairan, keasaman dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan mengganggu organ lainnya sehingga dapat menyebabkan timbulnya penyakit.
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal


Bagaimana mencegah hal tersebut terjadi? Anda perlu mencukupi asupan cairan dalam tubuh. Tidak harus dengan air putih, dilansir dari laman
Boldsky
, beberapa makanan berikut juga bisa dijadikan pemasok cairan untuk tubuh kita.


Semangka

Buah seperti semangka dan melon megandung 90 persen air dan dapat menggantikan glikogen dan cairan yang hilang dalam tubuh secara cepat.

Buah berry

Stroberi, blueberry, raspberry dan lain-lain terdiri dari 92 persen cairan. Buah-buahan ini juga mengandung antho canins yang dapat mengatasi dehidrasi dan mengurangi inflamasi dalam tubuh.

Sup

Sup buatan rumah juga dapat menjadi alternatif untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan mengatasi dehidrasi. Hal ini terjadi karena kadar garam di dalam sup berfungsi sebagai elektrolit yang berguna untuk mengatasi dehidrasi.

Gandum dan beras matang

Beras dan gandum yang sudah dimasak dipercaya dapat mengatasi dehidrasi. Hal ini terjadi karena baik beras dan gandum menyerap air yang ada saat sedang dimasak.

Mentimun

Mentimun mengandung 90 persen air. Tambahkan mentimun pada makanan Anda untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh dehidrasi.

Selada

Selada adalah daun hijau yang kaya akan nutrisi dan kaya akan air. Selain itu, selada juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu Anda untuk tetap terhidrasi dan sehat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya