Jadi Tren, Orangtua Namai Anaknya Karakter Pokemon Go

Pokemon Pikachu
Sumber :
  • Nitendo

VIVA.co.id - Game Pokemon Go tidak hanya membuat pemainnya ketagihan, tapi juga memengaruhi berbagai sisi kehidupan mereka. Dari data yang dikumpulkan Baby Center, sebuah situs kehamilan dan pengasuhan yang melacak tren nama bayi, menemukan adanya peningkatan drastis dari popularitas nama yang berkaitan dengan Pokemon Go.

Menurut data Baby Center, ada peningkatan jumlah nama bayi yang dimulai dengan nama seperti Roselia, Ash, Eevee, dan Onyx, nama-nama yang menjadi karakter di Pokemon.

Situs yang bermarkas di Amerika Serikat itu menyatakan, hampir setengah dari penggunanya merupakan pemain reguler Pokemon Go.

Dilansir laman Times of India, nama Eevee melonjak hingga 1.337 peringkat dalam daftar nama anak perempuan terpopuler tahun lalu. Namun, lonjakan tiba-tiba nama Onyx luar biasa lagi. Nama itu melambung hingga 2.184 peringkat dalam daftar nama anak perempuan.

Nama Onyx bahkan tidak pernah terdengar selama satu abad ini. Namun, kembali masuk daftar di sekitar tahun 90-an ketika pertama kali Pokemon muncul. Kini, kembali melonjak seiring dengan permainannya yang semakin populer.

Selain itu, nama Star dan Ivy secara mengejutkan kembali populer. Hal ini kemungkinan karena terinspirasi dari makhluk Pokemon Go Star mie dan Ivysaur. Nama-nama makhluk Pokemon yang muncul di dalam game juga memengaruhi kepopuleran penggunaan nama Pokemon.

Misalnya, Roselia yang naik 5.859 peringkat dari posisinya tahun lalu. Kemudian, nama Ash, karakter utama Pokemon, yang naik hingga 248 peringkat.

"Kami memperhatikan kalau bayi-bayi diberi nama berdasarkan karakter dari program televisi, selebriti, dan bahkan filter foto di Instagram," kata Linda Murray, pemimpin redaksi Baby Center. 

3.500 Peserta Ramaikan Pokemon Run 2024 di Bali, Lari Ditemani Pikachu yang Gemes

Generasi milenial secara khusus memang tertarik pada teknologi dan nostalgia tahun 90an. "Inilah salah satu alasan yang kami pikir memengaruhi penamaan bayi berdasarkan karakter Pokemon Go menjadi tren," ujar Linda.

Karakter Mew dari Pokemon.

Di Thailand Mahal, Muncul Surat Terbuka Minta Karakter Mew Pokemon Dihadirkan di Indonesia

Pokemon telah menjadi bagian dari budaya populer selama lebih dari 20 tahun di berbagai wilayah dunia. Oleh karena itu, tidak heran jika penggemarnya sangat besar.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024