Cara Mengolah Ubi Ungu Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Ilustrasi ubi ungu
Sumber :
  • pixabay/skate

VIVA.co.id – Ubi jalar ungu mengandung banyak hal seperti antioksidan alami, vitamin A, B dan C serta zat besi dan kalsium. Untuk menjaga keutuhan nutrisinya, ternyata mengolah ubi tidak serumit yang dibayangkan.

Manfaat Ubi Ungu untuk Menurunkan Tekanan Darah dan Risiko Kanker

Pakar teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor Prof Dr Ir Purwiyatno Hariyadi, MSc, mengatakan, agar nutrisi dari ubi ungu tetap terjaga cukup merebusnya saja.

"Karena cara tersebut paling meminimalisir kehilangan gizi yaitu sebesar 30 persen," ujarnya ketika ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Senin 5 September 2016.

Godok Ubi Lumur Gula Pasir Ini Bikin Lidah Anda Berdecak

Konsumsi umbi-umbian sudah seharusnya kembali ditingkatkan karena kandungannya yang begitu banyak serta mudah didapatkan di Indonesia, namun tidak disarankan konsumsi secara mentah karena sulit diserap oleh usus. Ditambahkannya, sebaiknya ubi jalar ungu tidak diolah dengan cara dipanggang.

"Mengolah ubi ungu juga sebaiknya perhatikan dari cara mengirisnya agar saat direbus tidak terlalu banyak kehilangan gizi. Sebaiknya juga tidak di panggang karena dapat merusak mutu dan gizinya sebesar 60 persen," jelasnya.

Ubi Ungu Efektif Atasi Kanker

Selain itu, cara lain agar bisa menikmati hidangan dari ubi jalar ungu yaitu pengolahan dengan steam. Karena, prosesnya dinilai sama dengan merebus bahan makanan tersebut.

"Steam juga boleh dilakukan pada ubi ungu karena pada dasarnya sama dengan boiled. Kerusakannya mencapai 30 persen yang terhitung minimal dan bisa diserap tubuh," kata dia.

kentang ungu

6 Khasiat Luar Biasa Ubi Ungu Bagi Kesehatan

Kandungan antioksidannya 4 kali lebih tinggi dari kentang biasa.

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2019