Long Black, Pilihan Pecinta Kopi Pahit

Sajian kopi di Rul's Coffee Gallery
Sumber :
  • Diza Liane Sahputri/Viva.co.id

VIVA.co.id – Keragaman biji kopi khas Indonesia patut dibanggakan, karena membuat kopi Indonesia menjadi memiliki banyak rasa. Hal ini menyebabkan menjamurnya kedai kopi di seluruh negeri dengan sajian kopi khas Indonesia.

Bebas Usai 3 Hari Dibui, Asep Si Pemilik Kedai Kopi: Mending Bayar

Menurut pemilik kedai kopi tersebut, Rulita Anggraini, kopi khas Nusantara memang semakin digemari oleh masyarakat. "Sekarang di-blend (campur) antara biji kopi Bali dan Flores," ujarnya di Rul's Coffee Gallery, Senin, 5 September 2016.

Selain itu, juga ada biji kopi khas Jawa Barat, kopi Pasundan yang bisa dinikmati dengan cara penyeduhan yang diinginkan konsumen. Menurut dia, banyak pecinta kopi yang menyukai cara penyeduhan long black. Cara tersebut merupakan favorit pecinta kopi pahit.

Komentari Soal Asep, Sandiaga: Kalau Penertiban Bawa Bantuan

"Long black sekarang lagi ngetren bagi para pecinta kopi karena penyeduhannya yang benar-benar kopi dengan air panas tanpa ada campuran gula dan susu sama sekali. Jadi memang untuk yang suka kopi pahit, akan memilih ini," tutur dia.

Sementara bagi yang ingin menyesap sedikit rasa manis pada kopi, bisa memilih cappucinno dan latte, yang memberikan kepuasan bagi penyukanya. Adanya sedikit rasa manis dari campuran susu, membuat kedua pilihan minuman itu juga digemari.

PPKM Darurat, Kedai Kopi di Malang Bikin Promo PNS Bayar 3 Kali Lipat

"Cappucinno dan latte masih populer karena rasanya yang masih berasa kopi tapi ada campuran susu yang bikin manis. Apalagi memang kini menikmati kopi dengan suasana kedai kopi yang nyaman, bikin orang makin cinta kopi," kata dia.

(ren)

Pembukaan kedai

Kedai Kopi Unggulan Indonesia Villa Sumatra Dibuka di Mesir

Kedai kopi unggulan (specialty coffee) Indonesia pertama, Villa Sumatra, dibuka di Mesir sebagai bagian diplomasi kopi.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2021