Manfaat Tersembunyi Kulit Kentang

Kentang.
Sumber :
  • Pixabay/Wounds_and_Cracks

VIVA.co.id – Kebanyakan orang akan membuang kulit kentang dan hanya diambil dagingnya saja untuk diolah. Tapi, tahukah Anda bahwa sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau kulit kentang juga memiliki manfaat kesehatan yang sama.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Kulit kentang diketahui banyak mengandung nutrisi penting. Jadi, daripada membuangnya, lebih baik olah juga kulitnya ke dalam masakan Anda.

Apa saja manfaat baik dari kulit kentang? Berikut daftarnya seperti dilansir laman Boldsky.

Kementan dan Kemenko Marves Bergerak Bersama Mengawal Food Estate Humbahas

1. Kulit kentang akan memberikan Anda asupan potasium yang merupakan mineral penting untuk membantu proses kimiawi di dalam tubuh Anda. Potasium juga baik untuk sistem saraf Anda. Setiap porsi kulit kentang dapat mengandung 600 gram potasium.

2. Kulit kentang juga diketahui mengandung niacin atau Vitamin B3 di dalamnya. Anda dianjurkan untuk mendapatkan asupan setidaknya 16 miligram niacin setiap hari.

Pemukiman di Mars Bakal Pakai Beton dari Kentang dan Debu Bulan

3. Mengonsumsi kentang beserta kulitnya akan memberikan Anda asupan sedikit lebih banyak protein, mineral, vitamin, dan karbohidrat.

4. Kulit kentang juga mengandung zat besi yang merupakan mineral penting bagi sel darah Anda. Bahkan mengkonsumsi 3-5  porsi dalam sehari dapat memberikan asupan hingga empat miligram zat besi.

5. Mengonsumsi kentang beserta kulitnya dapat meningkatkan fungsi pencernaan Anda, karena kulit kentang mengandung serat.

6. Kulit kentang akan memberikan asupan serat yang membantu memperlambat penyerapan glukosa dari memakan kentang. Ini akan membantu Anda mencegah kenaikan kadar gula darah karena mengkonsumsi kentang.

7. Membuat jus kentang tanpa mengupas kulitnya akan membuatnya mengandung lebih banyak nutrisi dan serat yang dapat meningkatkan kesehatan Anda. Selain itu, Anda bisa mencari resep-resep menarik lain untuk membuat sajian kulit kentang Anda lebih lezat. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya