Olahan Sup Pohon Durian Diklaim Cuma Ada di Bandung

Aneka olahan buah durian di Pohon Durian Cafe di Kota Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id - Pohon Durian Cafe, sebuah kedai di Kota Bandung, Jawa Barat, memiliki menu andalan olahan buah durian. Menu itu berupa minuman dan dessert (hidangan penutup) yang disebut sup pohon durian.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Sup pohon durian hanya nama dan bukan benar-benar dibuat dari pohon durian. Bahan dasarnya tetap buah durian dengan aneka variasi atau campuran, misalnya, bubble, kacang merah, tapai ketan, cincau, dan lain-lain. Durian yang dijadikan bahan utamanya adalah jenis durian Medan, meski dijual juga buah durian petruk, durian Bangkok, dan durian matahari.

Andi Miswar, pemilik Pohon Durian Cafe, mengklaim sup pohon durian itu adalah olahan pertama yang tidak ada di kafe lain. Dia menjamin orisinalitas rasa duriannya karena sup itu sama dengan separuh buah durian.

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk

"Orisinalitas. Kita buat produk yang mereka enggak punya. Kalau harga agak tinggi, ya, enggak apa-apalah. Kita nyarinya orisinalitas dan di Bandung ini belum ada," ujar Andi Miswar saat ditemui di kafenya di Jalan Sawunggaling, Tamansari, Kota Bandung, pada Minggu, 11 September 2016.

Ada lima varian sup pohon durian yang dibedakan berdasarkan bahan campurannya, yakni kacang merah dengan tapai ketan putih. Harganya dipatok Rp18.000 sampai Rp30.000 per porsi.

Dilaporkan Hilang, Seorang Pria Ditemukan Tewas Dicor Dalam Rumah di Cimahi

Andi menyebut sup pohon durian itu adalah menu kalangan muda atau remaja, seperti pelajar atau mahasiswa, karena harganya yang terjangkau tetapi keaslian rasanya terjamin. Dia bahkan mengklaim juga olahan duriannya serupa Taiwan dessert.

Olahan durian menjadi menu utama di kafe itu, menurut Andi, karena banyak kalangan muda di Kota Bandung hobi kongko. Tidak sedikit dari mereka yang menyukai dessert unik berbahan utama buah durian.

Alasan lain, harga buah durian cukup mahal di Kota Bandung. Durian dengan kualitas terbaik bahkan bisa mencapai Rp250 ribu per buah.

"Karena enggak semua orang bisa beli durian buah. Misalnya, saya jual paling murah di sini Rp50 ribu per kilo. Satu buahnya bisa Rp150 ribu sampai Rp200 ribu. Kalau mahasiswa pergi sama pacarnya, kan, enggak cocok," ujarnya.

Di kafe itu, pengunjung akan ditawari menu lain berbahan durian, di antaranya, scoop durian, durian pantai, durian kuburan, durian pot, dan durian tropis. Selain itu, cane durian, pancake durian Medan, es durian roti, es durian brownies, jus daging durian hingga pisang bakar durian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya