Ketahui Cara Tepat Cairkan Makanan Beku sebelum Dimasak

Daging beku.
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA.co.id – Memasukkan makanan ke dalam lemari es adalah cara terbaik untuk menyimpannya. Namun, seringkali proses pencairannya menjadi merepotkan. Sebagian besar orang cenderung untuk meninggalkannya di bagian bawah lemari es sepanjang hari, atau mencairkannya dengan cepat di microwave. Padahal menurut para ilmuwan Norwegia, cara tersebut ternyata salah.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Susanne Ekstedt, seorang peneliti di SP Technical Research Institute Swedia di Gothenburg, mengatakan cara terbaik untuk mencairkan makanan adalah dengan menggunakan air, demikian dilansir laman The Sun.

Dia merekomendasikan meletakkan makanan di dalam kantung plastik tertutup dan kemudian rendam di dalam air dingin. Menurutnya, Anda perlu mengganti air setiap setengah jam untuk memastikan suhunya tetap dingin.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Jangan gunakan air panas karena dapat menyebabkan lapisan luar makanan memanas sampai suhu dimana bakteri berbahaya mulai berkembang biak.

Nah, setelah makanan telah sepenuhnya mencair, Anda perlu segera memasaknya.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Susanne mengatakan, "Ini adalah suatu cara yang telah populer di kalangan ilmuwan makanan dan sudah lama dipraktikkan.”

Sayangnya, kebiasaan tersebut umumnya dilakukan oleh mereka yang bekerja di industri makanan. Orang-orang awam cenderung tidak mengetahuinya.

Bjørg Egelandsdal, seorang profesor di Universitas Norwegia of Life Sciences, menambahkan bahwa tidak pernah ada bukti ilmiah yang baik di balik saran bahwa makanan harus dicairkan di dalam lemari es. Mungkin ide di balik saran ini adalah lemari es adalah tempat pencairan paling higienis.

"Memang benar bahwa daging dan bahan makanan lainnya harus disimpan dalam lemari es jika mereka dicairkan, tapi pasti lebih baik untuk mencairkan makanan di dalam air jika ingin menggunakannya segera," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya