Alasan Minum Kopi Harus Diseruput

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Pixabay/paalharald

VIVA.co.id – Dalam meminum dan menikmati kopi, masih banyak dari kita yang meminumnya dengan cara keliru. Banyak orang yang minum kopi sama seperti meminum air putih atau minuman lainnya.

Asupan Kopi Dalam Jumlah Sedang Mampu Turunkan Risiko Kecemasan, Ini Penjelasannya

Padahal, menurut Win Hasnawi, petani sekaligus pegiat kopi, cara terbaik menikmati kopi adalah dengan diseruput. Hal ini diungkapkan olehnya saat ditemui saat Festival Kopi Flores, di Bentara Budaya, Palmerah, Jakarta Pusat, Jumat, 16 September 2016.

“Kadang kita enggak tahu kenapa minum kopi malah diseruput? Orangtua kita juga suka tanya, 'Kenapa minumnya begitu?'," kata dia.

Pria Nekat Minum Kopi 1 Galon, Netizen: Gila!

Menurut Win, ada beberapa manfaat ketika menikmati kopi dengan cara diseruput. Pertama, lidah akan merasakannya secara bersamaan.

"Ketika diseruput, semua indera perasa di lidah tersiram berbarengan, asam, manis, pahit. Kalau minum biasa, hanya satu yang dominan dan semua lidah bekerja secara optimal ketika diseruput," ujarnya.

Mr P Gak Loyo Lagi, Minum Kopi Diklaim Ampuh Atasi Disfungsi Ereksi

Selain itu, menyeruput dapat membuat cairan kopi seperti dikocok. Hal ini membuat aroma dan cita rasa dari kopi menjadi lebih keluar dan nikmat.

"Sama seperti minyak wangi, kita kadang kalau mau pakai suka dikocok, biar wanginya lebih keluar, begitupun dengan kopi saat diseruput," ucap Win.

Alasan terakhir mengapa kopi harus diseruput, menurutnya, hidung bekerja bersamaan untuk menghirup aroma yang dikeluarkan oleh kopi. Dengan begitu, selain rasa kopi dirasakan lidah, aroma dan wangi kopi juga dicium hidung.

"Itulah makanya harus diseruput untuk memaksimalkan rasa sensasi dan aroma dari kopi," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya