Bagaimana Cara Mencuci Blender dengan Benar?

Blender.
Sumber :
  • pixabay/opaye

VIVA.co.id – Hampir semua orang akrab dengan blender. Peralatan rumah tangga ini berguna untuk membuat jus atau menghaluskan bahan makanan. Namun terkadang, jika tidak bisa membersihkannya dengan benar, sisa dan aroma buah dan sayur akan menempel pada blender, bahkan tak jarang mempengaruhi rasa makanan yang Anda haluskan dengan blender tersebut.

Tips Memilih Blender Berkualitas yang Tahan Lama

Lalu, bagaimana solusinya? Berikut tips membersihkan blender dengan tepat, seperti dilansir laman Happy Juicer.

Biarkan blender bekerja sesuai fungsi

Cara Mudah Mengasah Pisau Blender yang Tumpul

Jangan menghabiskan waktu untuk menggosok sisa buah atau sayur yang menempel pada blender atau memasukkan jari Anda ke sela-sela pisau blender. Biarkan blender terpasang pada motornya, lalu isi air hangat dan beri sedikit sabun pencuci piring. Nyalakan blender selama 30 detik.

Bersihkan tutup blender

Perhatikan Hal Ini Saat Anda Beli Blender

Ketika sudah selesai membersihkan blender, gunakan air tadi untuk membersihkan tutup blender. Lalu bilas keduanya dengan air bersih.

Bersihkan ampas membandel dengan baking soda

Sabun pencuci piring tidak cukup untuk membersihkan noda membandel yang melekat pada blender. Anda dapat menggunakan baking soda untuk menangani hal ini. Gunakan beberapa sendok makan baking soda dan campurkan dengan air hangat. Lalu blender campuran tersebut seperti biasa selama 30 detik. Dijamin bekas atau warna buah sayur membandel akan segera hilang.

Hilangkan bau

Tidak butuh zat kimia untuk melakukan ini. Jika Anda mulai mencium bau pada blender Anda, segera gunakan air perasan lemon atau cuka untuk menghilangkannya.

Gunakan sikat

Gunakan sikat kecil seperti sikat gigi bekas atau sikat buah untuk membersihkan bagian dasar blender. Ini akan membantu untuk menghilangkan sisa buah dan sayur yang melekat.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya