Fakta Mengejutkan Tentang Saus

Ilustrasi saus tomat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Saus sudah lama dikenal sebagai penambah cita rasa pada makanan. Bahkan, saus juga sering dijadikan pelengkap setiap hidangan. Bentuknya bisa berupa kecap, atau bahkan sambal. Baik itu kentang goreng maupun nugget favorit Anda, akan terasa lebih lezat jika disantap dengan cocolan saus.  

Inovasi Menu Richeese Factory dari Masa ke Masa, 12 Tahun Eksis Hingga Pasar Internasional

Tapi apakah Anda tahu, bagaimana sejarah panjang dan fakta lainya tentang saus? Mungkin sebagian orang masih banyak yang tidak tahu beberapa fakta dari pelengkap hidangan ini. Berikut, fakta menarik tentang saus seperti dilansir laman Boldsky.

Bahan Utama

Restoran Cepat Saji Asli Indonesia, Begini Asal Usul Nama Richeese Factory

Umumnya, saus yang ada saat ini menggunakan bahan dasar tomat, juga cabai. Namun awalnya, ketika saus diperkenalkan, tomat bukanlah bahan dasar utama dari saus. Kebanyakan orang justru membuatnya dari ikan teri, tiram, lemon atau bahkan kenari. Pernahkan Anda bayangkan jika saus terbuat dari bahan ini?

Dari Bumbu Masak

Icip-icip Ayam Goreng dengan 9 Varian Rasa, Ada Apa Aja?

Saus sesungguhnya merupakan bumbu. Bahan ini seringkali digunakan sebagai bahan utama dalam  makanan seperti kacang polong, ikan asin, daging dan unggas ketika sedang dimasak.

Untuk Obat

Bukan hanya sebagai penyedap, dahulu banyak orang memanfaatkan saus sebagai obat. Banyak yang percaya, saus bisa menghilangkan kandungan berbahaya dari tubuh dengan mengosongkan empedu. Tak hanya itu, saus juga diyakini membantu mencegah kanker! Orang zaman dulu pun yakin, mengonsumsi saus baik untuk jantung dan membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Memoles Logam

Salah satu fakta mengejutkan lainnya bahwa saus dapat dapat digunakan untuk memoles logam.  Sejak saus mengandung tomat dan cuka, itu adalah kombinasi sempurna untuk membersihkan logam apapun.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya