Lima Kegunaan Kulit Jeruk yang Jarang Diketahui

Ilustrasi kulit jeruk
Sumber :
  • Pixabay/esudroff

VIVA.co.id – Setiap kali menikmati manis dan asamnya jeruk, pasti bagian kulit selalu Anda buang, bukan? Ya, banyak yang belum tahu bahwa kulit jeruk juga menyimpan banyak kandungan vitamin C. Bahkan kulit jeruk diketahui memiliki polinutrisi dan flavonoid lebih banyak ketimbang daging buahnya. Berikut beberapa cara memanfaatkan kebaikan kulit jeruk, seperti dilansir dari laman Lifehack.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Memperbaiki kulit wajah

Kulit jeruk dapat menghilangkan noda pada wajah. Kandungan vitamin C pada kulit jeruk mampu membuat kulit lebih kenyal, kencang dan bersinar.

Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

Caranya adalah dengan mengeringkan kulit jeruk selama tiga hari, lalu haluskan. Campur bubuk kulit jeruk dengan dua sendok teh yoghurt tanpa rasa dan satu sendok teh madu, aduk rata. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas. Aplikasikan masker dua hingga tiga kali seminggu.

Pemutih gigi

Siapkan Menu Sehat untuk Sahur dan Buka, Begini Cara Simpan Sayuran Agar Awet Segar

Kulit jeruk juga diketahui dapat menyamarkan warna kuning pada gigi. Kandungan d-limonene pada jeruk mampu mengurangi noda pada gigi termasuk gigi yang kusam akibat merokok.

Cukup gosokkan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih pada gigi selama dua sampai tiga menit. Lakukan dua kali sehari agar hasil lebih cepat terlihat.

Anda juga bisa membuat campuran pasta gigi dengan mencampurkan bubuk kulit jeruk dengan sedikit air hingga menyerupai pasta lalu campurkan dengan pasta gigi Anda sebelum menyikat gigi. Lakukan dua kali sehari.

Mencegah penuaan kulit

Kulit jeruk juga mengandung antioksidan yang baik untuk memerangi efek buruk akibat radikal bebas pemicu kerutan halus dan tanda penuaan.

Campur satu sendok bubuk kulit jeruk dengan satu sendok makan bubur gandum dengan madu secukupnya hingga terbentuk pasta. Oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin. Gunakan masker ini seminggu sekali.

Ilustrasi kulit jeruk

Mengurangi berat badan

Vitamin C telah terbukti mampu membantu Anda mengurangi berat badan. Cukup ganti kopi atau soda dengan teh kulit jeruk.

Keringkan kulit jeruk di tempat sejuk dan kering. Masukkan kulit jeruk yang sudah kering tersebut ke dalam secangkir air panas. Tutup dan diamkan selama 10 menit. Jika sudah, angkat kulit jeruk lalu tambahkan madu sesuai selera. Minum teh ini dua kali sehari.

Anti nyamuk dan semut

Jika Anda tidak sempat membeli obat nyamuk dan hanya memiliki jeruk di dalam tas saat pergi berkemah atau keluar rumah, cukup oleskan kulit jeruk segar pada kulit, maka nyamuk atau semut tidak berani mendekat karena mereka tidak suka dengan kulit jeruk. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengganti kapur barus dengan bubuk kulit jeruk untuk mencegah datangnya semut.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya