Tips Mengawetkan Buah Stroberi

Ilustrasi buah stroberi
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA.co.id – Stroberi adalah salah satu buah yang segar untuk dinikmati saat musim panas. Tak hanya itu, buah ini kerap dijadikan hiasan untuk berbagai aneka kue. Namun, membeli stroberi dan menjaganya untuk tetap awet susah-susah gampang.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Buah ini bisa menjadi lembek dan berjamur dalam waktu beberapa hari saja. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan cara berikut, seperti dilansir dari laman Lifehack.

Dalam metode yang akan dijelaskan di bawah ini, setiap pencucian stroberi dilakukan selama 30 detik dan buah tersebut harus dikeringkan dengan menggunakan serbet kertas (paper towel). Lalu stroberi harus disimpan di dalam wadah yang dilapisi serbet kertas dan jangan ditutup rapat agar udara tetap mengalir. Setelah mengalami proses 'pengawetan', stroberi disimpan di dalam lemari es.

Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

Cuci dengan air dingin

Salah satu cara termudah mengawetkan stroberi adalah mencucinya dengan air dingin. Cara ini bisa membuatnya awet selama beberapa hari ke depan.

Siapkan Menu Sehat untuk Sahur dan Buka, Begini Cara Simpan Sayuran Agar Awet Segar

Rendam di dalam air dingin dan cuka

Rendam stroberi di dalam sebuah wadah berisi air dingin yang sudah dicampur dengan air cuka (perbandingan air dan cuka adalah 3:1). Cara ini diketahui bisa membuat stroberi bertahan selama satu minggu.

Cuci dengan air panas

Dengan mencuci stroberi menggunakan air panas, setelah satu minggu pun buah ini akan tetap memiliki bentuk yang sempurna dan strukturnya pun tidak berubah.

Ilustrasi stroberi

Cuci dalam air mendidih

Cara ini terinspirasi dari proses thermoterapi ilmuwan bernama Harold McGee yang dimuat dalam NY Times. Stroberi dicelupkan ke dalam air yang sedang mendidih. Setelah didinginkan selama satu minggu di dalam lemari es, kelezatan buah ini tetap bisa dinikmati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya