Telur Ternyata Punya Tiga Manfaat 'Aneh'

Telur.
Sumber :
  • Pexels/unsplash

VIVA.co.id – Telur merupakan salah satu makanan kaya nutrisi yang baik untuk tubuh, baik itu dikonsumsi atau digunakan untuk merawat bagian luar tubuh, seperti rambut dan kulit. Namun, kebaikan telur tidak hanya dapat dirasakan oleh tubuh, tetapi juga benda-benda lain.

Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

Apa saja? Berikut ini diantaranya, seperti dilansir dari laman Mashed.

Melukis

5 Manfaat Cangkang Telur untuk Berkebun, Bisa Jadi Pupuk Organik

Cat minyak dan seni kontemporer telah berjalan beriringan selama bertahun-tahun. Cat minyak muncul pada masa Renaissance atau sekitar 1500 Masehi dan mulai banyak digunakan oleh para seniman. Namun bertahun-tahun selanjutnya, cat minyak mulai tergantikan dengan keberadaan telur.

Telur mengandung pigmen, sedikit air dan kuning telur. Saat cat dengan kandungan telur ini dioleskan pada permukaan kanvas, gambar yang dihasilkan terlihat lebih stabil. Bahkan salah satu lukisan kuno yang terbuat dari cat berbahan dasar telur masih awet hingga saat ini.

Jarang Diketahui, 5 Makanan Sahur yang Bisa Membuat Puasa Tahan Lama

Untuk menggunakan telur sebagai campuran cat, cukup campur kuning telur dengan pewarna yang diinginkan. Buat pasta dengan bantuan sedikit air. Warna kuning pada telur akan menghilang dan cat sudah siap digunakan.

Membersihkan sepatu

Semir sepatu adalah salah satu barang yang wajib ada dalam rumah. Namun, kini banyak yang lebih memilih membuang sepatu mereka yang semakin usang ketimbang merawatnya agar tetap tampak baru.

Jika Anda ingin merawat sepatu Anda agar tetap awet, terutama yang berbahan dasar kulit, Anda bisa gunakan telur untuk merawatnya. Cukup pisahkan putih telur dengan kuning telur, lalu gunakan busa untuk mengoleskan putih telur pada sepatu Anda. Oleskan hingga putih telur habis. Putih telur tidak memiliki bau, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Mengatasi radiator bocor

Mungkin ini memang tidak biasa terjadi. Jika mobil Anda tiba-tiba mati di tengah jalan, banyak solusi yang bisa Anda pilih, mulai dari membawa ke bengkel atau menelepon layanan jasa angkut mobil. Namun, cara sederhana juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan telur.

Cukup pecahkan telur dan tuangkan putih telur ke dalam radiator. Jika Anda melakukannya dengan benar, Anda masih punya persediaan air radiator. Ketika air dalam radiator memanas, maka putih telur ikut 'termasak' sehingga putih telur menutupi bagian radiator yang bocor.

Ilustrasi telur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya