Sederet Manfaat Buah Lemon yang Belum Diketahui Orang

Ilustrasi buah lemon
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Lemon adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Selain itu, kandungan air yang cukup banyak, membuat lemon merupakan pereda dahaga yang menyegarkan .

4 Minuman Ini Dapat Meningkatkan Metabolisme dan Turunkan Berat Badan

Tapi apakah Anda tahu, bahwa lemon tidak hanya untuk dinikmati? Ya, lemon mempunyai kegunaan lebih dari itu. Berikut, beberapa keguanaan lemon yang belum diketahui orang, seperti dilansir dari Times of India.

Penghilang noda

Lima Cara Konsumsi Lidah Buaya untuk Turunkan Berat Badan

Lemon juga dikenal sebagai penghilang noda yang baik. Gosok setengah buah lemon pada bagian baju yang terkena noda. Cuci seperti biasa dan noda yang menempel akan lenyap

Disinfektan alami

Dari Lemon, Jahe dan Kayu Manis, Karen Buat Ramuan Efektif Turunkan BB

Satu sendok makan air perasan lemon bertindak sebagai desinfektan alami untuk membersihkan buah-buahan dan sayuran dari pestisida.

Pembersih dapur

Lemon ternyata juga bisa digunakan untuk pembersih sejumlah alar dapur. Gosok lemon yang telah dipotong pada papan pemotong dan kemudian bilas dengan air.

Menyegarkan sayuran

Jika Anda memiliki selada basah di lemari es, tambahkan semangkuk air dingin yang mengandung air perasan lemon dan dinginkan di lemari es selama satu jam. Hal ini mampu membuat sayuran tetap segar, hijau dan memperlambar pengeringan.

Lemon bisa mencerahkan kulit.

Menghilangkan bau busuk

Lemon juga membantu menghilangkan bau di dalam lemari es. Simpan beberapa irisan lemon di dalam lemari es untuk mengusir bau busuk.

Pengontrol hama

Jika Anda memiliki masalah hama di rumah, teruh irisan lemon dekat rak, kusen jendela, pintu dan lubang untuk mengusir semut, kecoak dan kutu. Aroma lemon membuat serangga menjauh.

Pereda asma

Minum satu sendok makan air perasan lemon sebelum makan dan sebelum tidur dapat mengurangi gejala asma.

Memoles kuningan dan tembaga

Campuran lemon dan garam berguna untuk memoles peralatan kuningan atau tembaga. Oleskan pada peralatan dan kemudian cuci dengan air hangat dan peralatan tadi pun akan kembali bersinar seperti baru.

Mempertahankan warna sayuran

Anda dapat memastikan warna sayuran tetap cerah dan segar meski sudah dimasak, hanya dengan memeras satu sendok teh air perasan lemon segar sebelum mulai memasak sayuran.

Hilangkan karat

Lemon juga berguna untuk menghapus karat pressure cooker atau teko. Isi dengan air, tambahkan irisan lemon- dan didihkan. Setelah dingin, cuci dan bilas dengan air bersih. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya