Menguak Tradisi Unik Minum Soju di Korea Selatan

Tradisi minum soju di Korea Selatan
Sumber :
  • Friendseat

VIVA.co.id – Dalam drama Korea, minuman berbotol hijau, soju atau minuman beralkohol tradisional kerap muncul, baik dalam adegan bahagia maupun sedih. Kalau diperhatikan lagi, dari beberapa pemain drama tersebut tampak memukul leher botol soju sebelum meminumnya.

K-Drama vs Fatwa Halal: Habib Ja'far Tegaskan Soju Halal Tetap Haram

Bagi masyarakat awam yang kurang mengetahui alasan orang Korea melakukan hal tersebut, akhirnya mereka pun ikut melakukannya tanpa mengetahui apa alasan sebenarnya.

Dilansir dari laman Koreboo, tradisi tersebut dilakukan karena botol soju modern menggunakan tutup berbahan logam, sementara botol yang lama menggunakan tutup berbahan gabus. Kebiasaan mengocok botol bermula sejak tutup gabus biasa digunakan pada boto soju zaman dahulu.

Kayak di Drakor, Icip-icip Jjamppong Asli Korea Kini Ada di Jakarta

Bagian dari tutup gabus akan hancur dan jatuh ke dalam minuman, sehingga mengocok botol menjadi hal umum untuk dilakukan orang-orang. Karena ini membuat bagian tutup yang hancur naik ke atas. Selain itu, dengan memukul leher botol, akan membuang remahan tutup botol. Dan, mengocok botol bisa mencampur partikel air alkali dengan alkohol.

Meski begitu, dengan tutup botol berbahan logam seperti sekarang, hal tersebut sebenarnya tidak perlu dilakukan. Namun, kebiasaan itu masih terus berlanjut.

Nongkrong Santai Ala Warung Korea di Pochabar

Patut diketahui, proses minum soju selalu melibatkan beberapa hal, mulai dari memukul dasar botol dengan siku, hingga memukul leher botol dengan tangan terbuka.

Habib Jafar

Terpopuler: Habib Jafar Sebut Soju Haram Hingga Pemuda Sembunyikan Salib Saat Ditanya Ramadhan

Kanal Lifestyle edisi Sabtu, 16 Maret 2024 diwarnai dengan beragam artikel menarik. Bahkan lima di antaranya menjadi artikel terpopuler. Yuk simak rangkumannya!

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024