Tips Memilih Talenan Masak yang Aman dan Tepat

Ilustrasi memasak.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA.co.id – Talenan atau papan yang sering digunakan untuk memotong bahan-bahan masakan biasanya tersedia dalam beragam jenis material dan warna. Namun, siapa sangka, tiap warna talenan memiliki fungsi khususnya masing-masing.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Hal itu diungkapkan oleh juru masak asal Indonesia yang akrab disapa Chef Muto. Ia menuturkan, tiap bahan makanan seharusnya dipotong di atas talenan dengan warna yang berbeda.

"Untuk sayur mayur pakai talenan warna hijau, kemudian untuk daging merah, sebaiknya warna merah," ujarnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Jika memotong jenis roti dan kue ringan, gunakan talenan berwarna putih. Lalu, untuk memotong ikan dan unggas, gunakan talenan warna kuning. Sedangkan talenan berwarna cokelat bisa digunakan untuk makanan yang sudah matang.

"Untuk gagang pisaunya, gunakan warna yang sesuai dengan warna talenan yang digunakan karena memang itu sudah standarnya," katanya menambahkan.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Sebab, hal itu sudah diperhitungkan untuk keamanan pemotongan jenis bahan makanan menggunakan pisau dan talenan yang lebih spesifik. Chef Muto berujar, untuk bahan talenan yang baik digunakan, ada dua jenis yang sebaiknya dipilih untuk keamanan makanan.

"Yang bagus itu talenan dengan bahan akrilik, karena kalau plastik nanti plastiknya ikut menempel di makanan. Atau yang paling bagus itu kayu jati, tapi memang sudah sangat sulit didapatkan,” ucapnya.

Ilustrasi memasak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya