Enam Teh Unik yang Tak Banyak Diketahui Orang

Ilustrasi kantung teh.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Beberapa orang mencicipi teh dengan sangat serius. Seorang penggila teh bisa saja menjelaskan pada Anda perbedaan teh hijau, putih dan teh hitam, dan mereka bahkan punya alat peracik teh sendiri di rumah. Namun, apakah benar mereka atau Anda adalah penikmat teh sejati? Sudahkah Anda mencoba enam teh unik berikut?

Mitos atau Fakta Minum Teh Saat Berbuka Puasa Bisa Merusak Ginjal

Apa saja variannya? Simak daftarnya, seperti dilansir dari Mother Nature Network.

Teh panda

Polisi Geledah Truk Angkut Minuman Teh Kemasan, Ternyata Berisi 52 Kg Sabu

Jika kopi memiliki jenis kopi luwak yang berasal dari kotoran luwak, begitu pula dengan teh. Teh ini terbuat dari kotoran panda. Teh ini ditemukan pada tahun 2011 lalu oleh An Yanshi, seorang dosen dari Sichuan University sekaligus penggemar panda. Teh panda merupakan teh hijau yang dipupuk dengan kotoran panda. Yanshi mengatakan bahwa kotoran panda kaya nutrisi karena tugasnya hanya mengunyah makanan. Satu gram teh panda berkisar mulai Rp2 juta.

Teh pu-erh

Croissant Cereal, Kudapan Viral Sajikan Rasa Manis Asin yang Berpadu Harmonis

Teh ini datang dari provinsi Yunnan, China. Pembuatan teh dilakukan dengan cara disimpan dalam bentuk balok atau melon dan difermentasi beberapa saat. Teh ini memiliki lebih sedikit antioksidan ketimbang teh biasa karena harus difermentasi. Namun, itu tidak mengurangi kebaikan teh pu-erh. Disebutkan bahwa dalam sebuah penelitian bahwa ekstrak teh pu-erh bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Teh sayuran

Teh satu ini diproduksi oleh produsen teh bernama Numi. Mereka mengeluarkan berbagai varian teh seperti Broccoli Cilantro, Carrot Curry dan Tomato Mint. Sudah pernahkah Anda mencoba teh ini?

Teh labrador

Teh labrador berasal dari tumbuhan yang ada di wilayah bernama Nova Scotia, Kanada. Teh ini dibuat untuk mengobati batuk ringan dan penyakit menular seperti disentri dan leprosy (kusta). Namun, Anda harus berhati-hati saat meminum teh satu ini karena jika dikonsumsi dengan dosis tinggi, bisa menyebabkan mabuk.

Teh terinspirasi dari wine

Anda tidak perlu khawatir dengan minuman ini karena tidak akan menyebabkan mabuk seperti kebanyakan wine. Teh ini diciptakan oleh Vintage Tea Works yang mulanya bosan dengan tradisi minum teh yang itu-itu saja. Dalam situs resminya mereka berkata, "Kami ingin orang-orang menikmati hidup, bersenang-senang dan bercengkerama dengan sisi liar mereka."

Teh kombucha

Kombucha adalah minuman fermentasi yang terbuat dari teh, gula, bakteri dan ragi. Manfaat teh ini bagi kesehatan masih jadi perdebatan. Ada yang mengatakan bahwa teh ini bisa mengatasi gejala menstruasi, mulai dari nyeri sendi hingga konstipasi, dan bahkan mencegah kanker.  Namun, ada pula yang menyarankan untuk tidak mengonsumsi teh ini karena dianggap belum punya bukti akan manfaat kesehatannya.

Ilustrasi teh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya