Hindari Empat Kesalahan Fatal saat Memasak Ayam

Ayam panggang.
Sumber :
  • Pixabay/NguyenPhamDang

VIVA.co.id – Ayam adalah santapan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia dan dunia. Daging ayam sangat mudah ditemukan mulai dari pasar hingga supermarket, dan bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Anda juga pasti sudah biasa memasak ayam, namun sudahkan Anda mengolahnya dengan benar? Berikut beberapa kesalahan saat memasak ayam, seperti dikutip dari laman Mashed.

Terlalu lama mencairkan ayam beku

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Tidak sedikit  yang menyimpan ayam terlebih dahulu di dalam lemari es untuk kemudian dikonsumsi beberapa waktu kemudian. Beberapa orang mengeluarkan ayam beku tersebut dan membiarkannya mencair di dalam suhu ruangan hingga memungkinkan untuk dimasak.

Namun, cara ini akan membuat ayam tidak begitu aman dikonsumsi karena suhu ruangan adalah suhu yang baik untuk perkembangan bakteri di makanan tersebut.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Cara terbaik untuk mencairkan ayam beku adalah dengan memasukkannya ke dalam kantong plastik tertutup dan rendam dalam air dingin hingga siap untuk dimasak.

Langsung memasak ayam yang baru dikeluarkan dari lemari es

Meskipun ayam tersebut tidak pernah dibekukan, bukan berarti daging ayam tersebut aman untuk dimasak. Jika daging ayam langsung dimasak setelah dikeluarkan dari dalam lemari es, maka Anda akan mendapat daging yang kurang matang di bagian dalam.

Diamkan daging ayam paling lama 15 menit agar tidak begitu dingin dan jangan langsung memasak dengan api besar.

Membuang tulang dan kulit ayam sebelum dimasak

Anda perlu tahu bahwa ketika dipanaskan, kelembapan daging ayam akan berkurang, sehingga membuatnya kering dan agak keras. Agar tidak terjadi demikian, jangan buang tulang dan kulit ayam saat dimasak. Kulit ayam melindungi daging dari suhu panas berlebih, sedangkan tulang menyerap panas yang ada.

Mencuci ayam

Produk unggas mentah, termasuk ayam adalah tempat berkembang biak yang disukai bakteri salmonella. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengolah ayam dengan benar.

Jangan gunakan kembali piring yang Anda pakai untuk menaruh ayam mentah dan cuci tangan dengan sabun setelah membersihkan ayam. Bersihkan area yang dapur yang terkena cipratan air yang digunakan untuk mencuci ayam agar bakteri tidak menyebar.

Ilustrasi Sup Ayam

 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya