Jangan Gunakan Minyak Zaitun untuk Tiga Hal Berikut

Minyak zaitun.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Minyak zaitun memang memiliki sejuta kandungan baik untuk tubuh. Tapi, pada beberapa kondisi, sebaiknya hindari pemakaian dari minyak satu ini.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Sebelum menggunakan minyak zaitun, ada baiknya Anda memastikan dahulu bahwa produk yang digunakan tersebut, sudah mencakup standar kesehatannya. Banyak orang mengira, pemakaian minyak zaitun bisa untuk apa saja. Nyatanya, ada beberapa kondisi yang sebaiknya dihindari dari pemakaiannya. Berikut diantaranya, seperti dilansir dari laman Prevention.

Untuk menggoreng

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Beberapa nutrisi yang ada di dalam minyak zaitun, jika dipanaskan pada suhu 160 hingga 215 derajat celsius, akan mengubah kandungan gizinya. Seperti omega-3 dan antioksidan, yang berdampak baik bagi tubuh, namun akan hilang fungsinya saat dipanaskan.

Di atas alat panggang

5 Cara Usir Setan dari Rumah Menurut Ajaran Islam

Meski tidak berdampak buruk, tapi penggunaan minyak zaitun di atas panggangan, dapat mengubah rasa dari makanan tersebut. Untuk itu, sebaiknya, aplikasikan minyak zaitun usai makanan diangkat dari alat pemanggang.

Digunakan sebagai bahan alam untuk merawat kecantikan

Minyak zaitun memang dipercaya bermanfaat baik untuk beberapa fungsi seperti pelembap rambut, pijat hingga sabun untuk tubuh. Namun, minyak jenis ini ternyata memiliki sifat komedogenik, dimana dapat memicu tumbuhnya jerawat. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari pemakaiannya yang terlalu sering pada kulit karena dapat menutupi pori-pori.

Ilustrasi minyak zaitun

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya