Studi: Konsumsi Keju Bikin Panjang Umur

Keju.
Sumber :
  • REUTERS/Alexander Demianchuk

VIVA.co.id – Tidak hanya lezat dan banyak disukai, ternyata keju juga disebut sebagai salah satu kunci panjang umur. Ya, sebuah studi baru yang dilakukan oleh Nature Medicine menunjukkan bahwa mengonsumsi keju bisa menjaga tubuh tetap sehat dan hidup lebih lama

Terpopuler: Waktu yang Tepat untuk Makan Malam, Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia

Menurut studi, mengonsumsi spermidine, sebuah senyawa yang terkandung di dalam keju, bisa membuat Anda hidup lebih lama.

Para peneliti awalnya menguji efek dari spermidine pada tikus dan menemukan bahwa terjadi peningkatan usia  dari rata-rata harapan hidup pada tikus percobaan. Demikian seperti dilansir dari Metro.co.uk.

Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia, Sekali Makan Bikin Muntah Hingga Diare Berdarah

Mereka kemudian melakukan survei pada 800 orang Italia tentang makanan yang dikonsumsi tikus-tikus tadi. Diketahui bahwa tikus yang memiliki asupan spermidine lebih tinggi memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan 40 persen risiko gagal jantung yang lebih rendah. Selain itu, risiko untuk mengidap penyakit kardiovaskular lain juga menurun.

Jadi pada dasarnya, studi menunjukkan bahwa makan keju mengurangi risiko tekanan darah tinggi atau gagal jantung, yang keduanya merupakan penyebab utama kematian.

Resep Sederhana Kue Kastengel yang Harus Dipersiapkan Menjelang Lebaran

Namun, patut diingat bahwa keju juga cenderung memiliki kandungan lemak yang tinggi, yang bisa melunturkan  efek dari spermidine.

Spermidine juga ditemukan terkandung di dalam kacang polong, jagung, kacang kedelai, dan biji-bijian. Tentu tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengonsumsi keju, namun dengan porsi yang cukup.

Ilustrasi keju

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya