Ide Seru Nikmati Jeruk untuk Sarapan

Ilustrasi buah jeruk.
Sumber :
  • Pixabay/MichaelGaida

VIVA.co.id – Di banyak negara di dunia, jeruk kerap hadir di meja makan untuk menemani sarapan pagi. Buah yang kaya vitamin C ini biasa diminum sebagai jus atau dinikmati bersama beberapa helai panekuk atau waffle.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Tidak hanya itu, jeruk juga bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari hanya dikupas hingga direbus. Jika tertarik, Anda bisa mencoba beberapa ide sarapan dengan santapan olahan jeruk di bawah ini, seperti dilansir dari laman The Kitchn.

Dalam uraian ini, jeruk direbus terlebih dahulu. Merebus buah dipercaya dapat mengeluarkan rasa aslinya. Air dari rebusan buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk menambah cita rasa pada jeruk sebelum disajikan.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Tak hanya itu, khusus jeruk Bali, merebusnya dapat mengurangi rasa pahit.

Sirup

Hindari Mi Instan, 5 Makanan Segar Ini Jaga Imunitas di Musim Hujan

Pilih terlebih dahulu jeruk yang akan dinikmati lalu potong-potong, kemudian campur air dan gula (bisa dengan madu dan sirup maple) dengan perbandingan 1:1. Jika tertarik, Anda bisa tambahkan dengan bahan herbal atau rempah lain seperti biji vanila, kayu manis. Anda bahkan bisa menggunakan kulit jeruk itu sendiri.

Citrus supreme.

Didihkan buah jeruk favorit Anda dengan sirup di atas. Jagan lupa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Anda bisa langsung menikmati jeruk rebus ini atau bisa dengan mengangkat daging jeruk yang direbus lalu merebus kembali air yang tersisa selama 15-20 menit.

Membuang rempah

Anda bisa gunakan jeruk yang sudah direbus bersama dengan sirupnya tadi untuk ditambahkan pada yogurt atau sereal Anda. Sirup ini juga bisa digunakan sebagai saus panekuk, waffle atau roti panggang dan aneka makanan lain sesuai selera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya