Lima Hidangan Natal Tak Biasa dari Swedia

Keju telur, hidangan Natal khas Swedia
Sumber :
  • instagram.com/josefhederstrom/

VIVA.co.id – Suasana Natal mulai terasa di berbagai belahan dunia. Setiap wilayah tentu memiliki tradisi yang berbeda dalam merayakan Natal, terutama dari hidangan.

Terungkap Alasan Orang Jepang Punya Tradisi Makan KFC Saat Natal

Biasanya kue atau permen adalah hal yang identik dengan Natal. Namun, bagi penduduk Swedia, permen dan kue tidak cukup. Ada beberapa makanan yang hanya dinikmati saat Natal dan jarang ditemukan di wilayah lain seperti lima hidangan berikut ini, seperti dilansir dari The Local.

Lutefisk

Ini Makanan Favorit Ratu Inggris yang Tak Boleh Absen Saat Natal

Hidangan berwarna putih ini adalah makanan klasik khas Natal dari Swedia. Dari tampilan hidangan ini terlihat biasa, namun Anda akan berubah pikiran untuk mencicipinya ketika tahu bagaimana makanan tersebut dibuat.

Hidangan ini terbuat dari ikan putih yang diawetkan dalam larutan alkali selama beberapa hari. Cara ini akan membuat daging ikan ini memiliki tekstur seperti jelly. Perlu diketahui bahwa alkali adalah cairan yang terdiri dari potasium hidroksida yang biasanya digunakan untuk cairan mencuci dan pembersih.

5 Dessert Khas Natal Terpopuler, Mana Favoritmu?

Keju telur

Makanan ini populer di daerah Swedia Barat khususnya daerah Bohuslan. Keju telur ini biasa disebut aggost. Keju ini terbuat dari susu beko yang dicampur telur. Keduanya kemudian akan dibentuk seperti jelly dengan tekstur serupa jelly.

Dip in the pot

Seperti namanya, saat Natal penduduk Swedia juga menikmati roti yang dicelupkan ke dalam rebusan kaldu babi.

 

Ingen jul utan #doppigrytan

A photo posted by John (@big_john_s) on

Mumma

Kata mumma jika diartikan dalam bahasa Inggris yaitu yummie atau biasa digunakan untuk menyebutkan makanan yang enak. Mumma adalah minuman berat karena terdiri dari empat jenis alkohol (porter, lager, gin dan port) yang dicampur menjadi cocktail Natal khas Swedia.

Kepala babi asap

Mungkin hidangan ini jarang kita temukan di Indonesia. Kepala babi asap ini dihidangkan untuk menemani kebersamaan saat berkumpul dengan orang-orang terdekat di Swedia. Bahkan hidangan ini juga dihiasi dengan dekorasi lucu khas Natal.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya