Puluhan Wanita di Manado Buat Kue Natal Sepanjang 400 Meter

Ibu-ibu di Manado membuat kue Natal terpanjang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agustinus Hari

VIVA.co.id – Kue Natal terpanjang berhasil dibuat puluhan ibu-ibu muslim di Manado, Sulawesi Utara, Kamis, 29 Desember 2016. Kue Natal yang diberi nama 'Cake Nyiur Melambai' ini memiliki panjang 400 meter.

Anak di Manado Bunuh Bapak Kandung Gara-gara Emosi Temannya Dilarang Merokok

"Kami mengklaim sebagai kue Natal terpanjang di Indonesia. Awalnya akan masuk rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) yakni sepanjang 1.000 meter, namun karena waktu, kami hanya mampu bikin 400 meter, dan ini terpanjang di Indonesia," ujar Chef Benny Lumangkun di Manado.

Ia menyebutkan pembuatan kue Natal terpanjang ini dalam rangka Festival Natal 2016 Sulut. Acara ini sendiri digelar demi memperkokoh toleransi antar umat beragama.

10 Tips Bikin Kue Kering Untuk Natal Anti Gagal, Nomor 2 dan 7 Sering Diabaikan

"Bayangkan saja, dari 50 orang yang bikin kue ini, sebagian besar perempuan-perempuan muslim terdiri dari ibu-ibu PKK dan UKM-UKM di Sulut," katanya.

Bahan-bahan pembuatan kue ini antara lain telur ayam 6.000 butir, mentega 150 kilogram, tepung terigu 150 kilogram, gula pasir 150 kilogram, kelapa 200 buah, labu 50 buah dan singkong 15 kilogram, dan diracik selama dua hari sejak kemarin.

3 Pesawat Siluman F-35A Militer Australia Masuk Wilayah Manado

"Partisipasi para koki dari perempuan-perempuan muslim sebagai bentuk toleransi yang sudah sangat kental dan membudaya di Sulut. Jadi pembuatan kue ini tak sekadar sensasi, tapi memupuk kerukunan antar umat beragama," ujar Benny.

Fatimah, salah satu juru masak muslim mengaku bangga bisa terlibat dalam pembuatan kue Natal terpanjang. "Saya ikut bangga dan merasa haru. Pembuatan kue Natal ini makin memperkokoh tali silaturahmi antar umat beragama. Jika di daerah lain ribut-ribut soal agama, kami di Sulut malah makin erat," ujarnya.

Benny menambahkan, tahun 2017 rencananya akan diadakan Cooking Competition Piala Gubernur Sulut. "Pesertanya para gubernur se-Indonesia dengan masakan yaitu makanan khas daerah masing-masing. Ini ide Pak Gubernur Olly Dondokambey. Mudah-mudahan bisa terealisasi," katanya menambahkan.

Kue Natal terpanjang di Manado

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya