Talenan Kayu Ternyata Wajib Dilumuri Minyak Secara Rutin

Ilustrasi memasak.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA.co.id – Papan potong atau talenan adalah salah satu peralatan dapur yang paling sering digunakan setiap hari. Perlu diketahui, menggunakan talenan dengan benar akan membuatnya menjadi lebih awet, aman untuk digunakan dan membuat kegiatan memasak menjadi lebih mudah.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan yang ternyata merupakan sebuah kesalahan yang umum terjadi saat menggunakan talenan? Berikut di antaranya, seperti dilansir laman Prevention.

Talenan kaca

Sering Konsumsi Makanan Gosong Dapat Sebabkan Kanker? Ini Penjelasannya

Talenan jenis ini memang termasuk tahan terhadap noda dan bau. Namun, permukaannya yang keras dapat membuat pisau menjadi tumpul. Selain itu, risiko terluka akibat sayatan pisau yang meleset juga lebih tinggi ketika menggunakan talenan kaca. Sebaiknya gunakan talenan berbahan dasar plastik atau kayu.

Talenan berukuran kecil

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Memang menggunakan talenan kecil akan lebih menghemat tempat dan mudah dibersihkan. Namun, semakin kecil permukaan talenan, kemungkinan makanan berceceran di luar talenan akan semakin besar. Selain itu, talenan yang berukuran kecil juga tidak memungkinkan Anda untuk menggerakkan pisau secara leluasa.

Satu talenan untuk semua bahan makanan

Bukan rahasia lagi jika daging mentah, daging ayam dan ikan adalah sumber bakteri seperti E.Coli dan Salmonella. Ketika Anda hanya menggunakan satu talenan untuk memotong semua bahan, mulai dari daging hingga sayur, cairan yang menempel dari bahan makanan sebelumnya yang sudah Anda potong di talenan tersebut akan mengontaminasi bahan makanan selanjutnya.

Sebaiknya, gunakan talenan yang berbeda untuk daging dan sayur, dan bersihkan talenan dengan air panas serta sabun setiap sehabis digunakan.

Mengunakan talenan yang sama untuk orang yang alergi makanan tertentu

Tidak hanya diakibatkan makanan, alergi makanan ini juga bisa terjadi akibat cara menyiapkan makanan yang salah. Meskipun terlihat bersih, talenan tetap bisa menjadi sarang bakteri dan menyimpan bekas makanan yang menyebabkan alergi. Usahakan menggunakan talenan yang bebeda untuk menyiapkan makanan bagi mereka yang mengidap alergi.

Tidak mengeringkan talenan secara merata

Talenan yang lembab dan sirkulasi udara yang minim akan memicu perkembangan bakteri. Sebaiknya biarkan talenan kering terlebih dahulu sebelum disimpan.

Tidak melumuri minyak

Hal ini berlaku untuk talenan berbahan dasar kayu. Seperti diketahui, menggunakan sabun dan air untuk mencuci talenan akan membuatnya menjadi kering dan rapuh. Untuk itu, Anda perlu menggosok permukaan talenan dengan minyak sayur yang akan mencegah talenan menjadi kering.

Anda tidak harus melakukannya setiap hari, melainkan cukup setiap kali membersihkan talenan.

Ilustrasi talenan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya