Tuna Termahal Terjual Rp8 Miliar

Suasana lelang ikan segar di pasar Tsukiji Tokyo Jepang
Sumber :
  • Dokumentasi Uni Lubis

VIVA.co.id – Sebuah tuna sirip biru seberat 212 kilogram berhasil terjual seharga Rp8 miliar di pasar Tsukiji di pusat kota Tokyo. Lelang ini berhasil dimenangkan oleh seorang bos dari restoran sushi waralaba di Jepang.

Bea Cukai Ambon Lepas Ekspor Puluhan Ton Yellowfin Tuna ke Vietnam

Tawaran ini adalah yang tertinggi kedua setelah tawaran sebelumnya yakni, 155.400.000 yen pada lelang tahun 2013. Hal ini karena  pada tahun ini harga per kilogramnya hanya sekitar Rp30 juta, dibandingkan dengan tahun 2013 yang mencapai sekitar Rp100 juta per kilogram. 

Pemilik Kiyomura Kiyoshi Kimura tampak senang, setelah memenangkan lelang pada dini hari di Tahun Baru untuk ikan berukuran manusia. Ikan ini tertangkap di laut lepas prefektur Aomori Jepang utara. Perusahaannya yang menjalankan restoran Sushi Zanmai, memang sering memenangkan lelang tahunan.

Serunya Kompetisi Mancing Ikan Tuna di Tanjung Lesung, Diikuti 200 Peserta

Tahun lalu pelelangan Tahun Baru seharusnya menjadi yang terakhir di lokasi Tsukiji saat ini. Harusnya lelang ini di pindah ke Tokyo Bay, namun ditunda karena kontaminasi tanah di bekas lokasi oleh pabrik gas.

Dilansir laman Independent, Jepang adalah konsumen terbesar dari tuna sirip biru berbentuk torpedo, dan melonjaknya konsumsi sushi telah mendorong permintaan. Bahkan beberapa ahli memperingatkan spesies ini bisa punah.

Bea Cukai Lepas Ekspor Tembakau dan Tuna dari Dua Wilayah Ini

Sebuah laporan oleh Komite Ilmiah Internasional untuk Tuna dan spesies lain seperti tuna di Samudera Pasifik Utara tahun lalu, menempatkan populasi tuna sirip biru di 2,6 persen untuk dihentikan perburuannya, atau turun dari penilaian sebelumnya 4,2 persen.

The Western and Central Pacific Fisheries Commission memperketat batas internasional pada tahun 2015 saat ini spesies tetap berada di bawah ancaman, untuk mengurangi separuh tangkapan tuna sirip biru di bawah 30 kilogram dari rata-rata yang tertangkap antara tahun 2002 dan 2004.

Tapi penangkapan berlebihan terus dilakukan dan di beberapa daerah, sirip biru dipanen pada tiga tingkat secara terus menerus di pasar Tsukiji, pusat kota Tokyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya