Kakek 105 Tahun Pecahkan Rekor Bersepeda 22 Km dalam 1 Jam

Robert Marchand Pesepeda Berusia Satu Abad
Sumber :
  • REUTERS/Robert Pratta

VIVA.co.id – Seorang kakek berusia 105 tahun telah berhasil membuat sejarah dengan bersepeda lebih dari 22 kilometer putaran trek dalam satu jam.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Robert Marchand berhasil mencatatkan rekor pertama dalam kategori over-100 pada tahun 2012, kemudian mengalahkan rekor sendiri dua tahun kemudian pada usia 102, ketika ia mencapai lebih dari 16 mil. Sementara jarak perjalanan terakhir yang ditempuhnya itu tidak begitu besar, kategori over-105 baru telah dibuat khusus untuk dia untuk mencerminkan besar semangatnya.

Didukung oleh ratusan penggemar, kakek asal Prancis itu menyelesaikan 92 lap putaran velodrome di Saint-Quentin-en-Yvelines, dekat Paris.

Kisah 2 Pemuda Mualaf yang Bikin Geger, Orang Sekampungnya Auto Masuk Islam

"Saya tidak melihat tanda peringatan bahwa waktu saya telah tersisa 10 menit. Kalau tidak, saya akan pergi lebih cepat, saya akan mencatat waktu yang lebih baik. Saya sekarang menunggu ada yang menyaingi," kata Marchand seperti dilansir The Guardian

Para penggemar Marchand ini meneriakkan "Robert, Robert" saat ia mendekati akhir perjalanan dan memberinya standing ovation pada putaran terakhirnya sebelum ia dikerumuni oleh kru TV.

Viral Kisah Pilu Seorang Suami Rela Jual Organ Tubuh demi Bisa Hidup Bersama Istri

"Dia bisa saja lebih cepat tapi dia membuat kesalahan besar. Dia telah berhenti makan daging selama sebulan lalu setelah terkejut dengan laporan terbaru tentang bagaimana hewan bisa sangat memengaruhinya," kata fisiolog nya, Veronique Billat. 

Marchand lahir di Amiens, dekat garis depan perang dunia pertama, tiga tahun sebelum kejadian. Dia bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran di kemudian hari, sebelum pergi untuk tinggal di Venezuela dan Kanada.

Kembali di Perancis pada tahun 1960, Marchand melalui berbagai pekerjaan yang membuatnya tidak memiliki waktu untuk berlatih olahraga. Saat itu dia berusia 68 tahun ketika ia mulai serangkaian prestasi bersepeda.

Sementara Marchand tidak membuat rencana untuk masa depan, pelatihnya, Gerard Mistler, mengatakan dia tidak akan terkejut melihat dia terus bersepeda. "Menetapkan tujuan untuk dirinya sendiri adalah bagian dari kepribadiannya," katanya. "Jika dia mengatakan bahwa dia ingin memperbaiki rekornya, saya akan dukung. Robert adalah contoh yang bagus bagi kita semua."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya