Mengapa Beras Merah Lebih Sehat Dibandingkan Beras Putih?

Ilustrasi beras merah.
Sumber :
  • VIVAnews/Irma Kurniati

VIVA.co.id – Beras merah terbilang cukup sulit dijual jika dibandingkan dengan beras putih biasa. Terlepas dari fakta bahwa nasi merah jauh lebih menyehatkan, banyak orang yang lebih memilih mengonsumsi nasi putih karena mereka pikir cita rasanya jauh lebih enak. Sama seperti mereka yang lebih memilih makan roti putih daripada roti gandum utuh.

Jangan Malas Makan Beras Merah, Bisa Cegah Obesitas Hingga Bantu Detoks

Perlu diketahui bahwa beras putih dan merah berasal dari biji yang sama. Satu perbedaannya, beras putih melewati lebih banyak proses pengolahan dibandingkan beras merah.

Dilansir dari laman Huffington Post, ketika pertama kali dipanen, beras dicuci dan dikeluarkan dari kulitnya. Pada titik ini, yang Anda dapatkan adalah beras merah, yang masih memiliki beberapa lapisan dedak tipis yang melapisi (grain) atau bagian intinya.

7 Makanan yang Mampu Cegah Penyakit Diabetes, Sangat Mudah Didapatkan

Nah, untuk mendapatkan beras putih, Anda harus menggiling dan memoles beras merah tersebut agar dedaknya luntur.

Beras merah adalah whole grain atau gandum utuh, yang mengandung seluruh bagian dari biji-bijian, termasuk dedak berserat, bakteri baik dan endosperm kaya karbohidrat.

Diet Tanpa Konsumsi Nasi Bikin Cepat Langsing, Begini Penjelasan Dokter

Sedangkan beras putih tak lagi memiliki dedak, bakteri baik dan kandungan serat. Vitamin serta nutrisinya pun sudah berkurang banyak.

Sebagai informasi, satu cangkir nasi merah mengandung 4 gram serat dan 5 gram protein, sementara satu cangkir nasi putih hanya mengandung 1 gram serat dan 4 gram protein.

Kandungan serat yang tinggi bukan satu-satunya manfaat dari konsumsi beras merah. Menurut banyak studi, beras satu ini juga ampuh mengurangi risiko diabetes.

Salah satu alasan mengapa beras putih jauh lebih populer di dunia adalah karena beras ini jauh lebih mudah untuk dimasak. Tak hanya cepat matang karena serat di dalamnya sudah berkurang, beras putih juga menghasilkan nasi yang lembut dan pulen.

Yang membuat beras merah sulit dimasak adalah karena Anda harus memasaknya cukup lama untuk melembutkan seratnya, namun tidak terlalu lama sehingga bagian dalamnya menjadi lembek.

Memang sulit, namun bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Anda bisa memasaknya dengan rice cooker, merebusnya atau memanggangnya di dalam oven untuk menghasilkan nasi merah yang lezat dan memiliki tingkat kematangan yang sempurna.

Ayam penyet nasi merah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya