Wajib Tahu, Empat Kuliner Lezat Khas Korea Selatan

Kimbap, kuliner Korea.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id –  Korea Selatan tak hanya terkenal dengan drama, musik, dan kebudayaannya. Tatanan kotanya yang rapi dan penduduknya yang ramah, menjadikan Negeri Ginseng ini sebagai salah satu destinasi favorit para traveler dari seluruh penjuru dunia.

Kayak di Drakor, Icip-icip Jjamppong Asli Korea Kini Ada di Jakarta

Nah, bagi Anda yang berkesempatan mengunjungi Korea Selatan, wajib hukumnya untuk menikmati bergam sajian kuliner lezat berikut ini.

Kimchi

Pencinta Drakor Merapat, Dokter Zaidul Akbar Sebut Kimchi Sangat Baik Buat Kesehatan

Makanan yang wajib ada di setiap hidangan khas Korea ini terbuat dari sayuran yang telah melalui proses fermentasi. Beberapa sayuran yang menjadi bahan pokok pembuatan kimchi adalah sawi, lobak, kubis, dan timun.

Cara pembuatannya terbilang sederhana. Sebelumnya, kimchi didiamkan beberapa hari, agar lebih legit dan nikmat. Tak lupa sayurannya dibumbui dengan jahe, bawang, pasta cabai dan saus ikan. Kimchi dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Rayakan Relasi 50 tahun Indonesia-Korea, Sensasi Hidangan Kimchi Hadir di Jakarta

Kimbap

Makanan khas Korea selanjutnya adalah kimbap. Jika dilihat sepintas, hampir sama dengan sushi dari Jepang. Bedanya, kimbap terbuat dari nasi yang digulung dengan menggunakan rumput laut kering yang dibumbui garam dan di dalamnya terdapat potongan ikan, daging, telur, dan sayuran. Berbeda dengan sushi yang umumnya hanya diberi isian ikan atau boga bahari mentah.

Meski begitu, makanan Korea satu ini tak kalah sehat dan kaya akan vitamin.

Bibimbap

Makanan ini sering dijumpai di setiap drama Korea. Bibimbap erbuat dari nasi yang dicampur dengan beragam sayuran, lauk pauk, telur, dan sambal khas Korea. Biasanya bibimbap dihidangkan dengan susunan yang rapi dan menggugah selera. Makanan ini lebih nikmat dimakan sewaktu masih panas.

Miyeoguk

Sup rumput laut ini dibuat dengan merendam rumput di dalam kaldu ikan atau sapi. Setelah itu rendaman tersebut dibumbui dengan kecap, minyak wijen, dan bawang putih. Makanan ini biasanya dikonsumsi oleh wanita seusai melahirkan.

Kuliner yang dipercaya menjadi makanan pertama yang dibuatkan oleh seorang ibu ini ada di setiap perayaan ulang tahun,

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya