Menjajal Kelezatan Hidangan Tanah Rencong

Lontong Sayur Telor Balado di The Atjeh Connection.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati kekayaan kuliner Aceh. Saat ini kedai atau restoran yang membawa kekhasan daerah Nusantara yang satu ini sudah semakin mudah ditemui di Ibu Kota Jakarta.

August Raih Prestasi Gemilang! Masuk Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024

Adalah The Atjeh Connection Resto and Coffee salah satunya. Sesuai dengan namanya, restoran sekaligus kedai kopi ini menyuguhkan aneka hidangan bercita rasa Aceh.

"Dengan sajian makanan dan minuman cita rasa khas Aceh, kami hadir menawarkan kelezatan kuliner khas Tanah Rencong yang terkenal kaya rempah dan bumbu-bumbu pilihan," begitulah yang tertulis dalam daftar menu restoran ini.

Resep Kue Memek, Makanan Khas Aceh yang Menjadi Warisan Budaya

Amir Faisal selaku pemilik restoran, mengatakan sajian yang dihidangkan tidak mengalami perubahan dari cita rasa. Artinya, rasa santapan Anda tidak akan jauh berbeda dengan yang Anda temukan di Bumi Serambi Mekkah.

"Kami berusaha memasukan lidah Aceh ke nasional bukan menyesuaikan dengan lidah nasional," ujar Faisal saat ditemui VIVA.co.id di restorannya belum lama ini.

Fakta Unik Memek, Makanan Khas Simeulue yang Melegenda

Mie Aceh dan kopi gayo tentu menjadi dua menu andalan di restoran ini. Namun, beberapa menu lain juga tak kalah nikmat dan patut untuk dicoba.

Lontong Sayur Telor Balado misalnya. Lontong ini terdiri dari kuah santan dengan sayur buncis dan nangka, lengkap dengan potongan telur dan sambal di atasnya. Rasanya dijamin berbeda dengan lontong sayur lain pada umumnya. Satu porsi lontong ini dijual dengan harga Rp28 ribu.

Nasi Gurih Telur Balado dan Rendang di The Atjeh Connection

The Atjeh Connection 

Menu lain yang sempat dicicipi oleh VIVA.co.id adalah Nasi Gurih Telur Balado dan Rendang. Seperti namanya nasi ini terasa gurih dan semakin nikmat dengan campuran ikan asin, buncis, telur dan bumbu rendang yang diselipkan di pinggiran nasi. Rasanya seperti mencicipi masakan rumahan.

Anda juga dapat memesan lauk rumahan laijnya seperti bebek kari Aceh, ikan tumis Aceh, sambal ganja, sate matang dan masih banyak lagi.

Untuk minuman, aneka jenis olahan kopi gayo bisa Anda pesan di sini, mulai dari kopi sanger, kopi hitam Aceh hingga kopi mancanegara yang dibuat menggunakan biji kopi gayo.

Meskipun menyuguhkan sajian daerah, restoran ini dibuat dengan interior ruangan yang tidak membosankan dan terasa homey. Bangunan dua lantai tersebut didominasi suasana vintage dan retro, namun masih diberi sentuhan tradisional Aceh.

The Atjeh Connection
Jl. Gajah Mada No.66 Taman Sari, Jakarta Barat.
Telp: (021) 6331160
Jam buka: 07.00 - 23.00 WIB
Harga: Rp17 ribu-Rp70 ribu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya