Lima Rempah Ini Wajib Tersedia di Dapur

Ilustrasi rempah.
Sumber :
  • Pixabay/Taken

VIVA.co.id – Rempah-rempah sudah menjadi bahan yang tidak asing bagi mereka yang betah di dapur. Rempah merupakan tanaman aromatik yang berfungsi sebagai penyedap dan membuat cita rasa makanan semakin kaya.

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Memang rempah terdiri berbagai jenis dengan fungsi masing-masing. Namun, lima rempah berikut ini setidaknya wajib tersedia di dapur Anda, seperti dikutip dari keterangan tertulis Cookpad Indonesia yang diterima VIVA.co.id, Sabtu, 11 Maret 2017.

Kapulaga

Manfaat Allspice: Rempah Jamaika Serbaguna untuk Kesehatan

Sebutan lain kapulaga adalah kardamon. Biasanya rempah ini digunakan sebagai bumbu kari, gulai atau opor. Selain menambah rasa, kapulaga dapat menghilangkan bau amis pada daging. Kapulaga bisa dimasak dengan dimemarkan atau dihaluskan dan disangrai terlebih dahulu.

Adas

10 Manfaat Jahe bagi Kesehatan, Solusi Sembuhkan Berbagai Penyakit

Sekilas rempah ini terlihat seperti gabah kering. Adas memiliki aroma yang harum dan sedikit pedas. Jika Anda kehabisan seledri saat memasak, Anda bisa menggantinya dengan rempah yang satu ini.  

Pekak

Meskipun memiliki sebutan lain, yaitu bunga lawang, pekak bukanlah sejenis bunga melainkan buah. Di Eropa rempah ini disebut star anise karena bentuknya menyerupai bintang. Aroma pekak mirip dengan adas namun namanya tidak sepopuler pala dan ketumbar.

Anda bisa menggunakan rempah ini secara utuh namun dalam jumlah sedikit saja, karena jika terlalu banyak, makanan akan terasa pahit. Di masakan Indonesi, biasanya pekak digunakan untuk masakan berbumbu tajam seperti rendang atau gulai Aceh.

Jinten

Jinten hitam biasanya digunakan untuk pengobatan alternatif, sedangkan jinten putih dapat digunakan untuk masakan dan pengobatan. Layaknya kapulaga, jinten digunakan untuk memasak gulai, opor atau kari. Rempah ini juga baik untuk ibu hamil dan menyusui karena kaya kandungan zat besi.

Kayu manis

Rempah satu ini sangat mudah ditemukan dan sangat akrab di lidah banyak orang. Kayu manis memiliki aroma yang khas. Bagian kulit kayu manis memiliki rasa yang hangat dan sedikit pedas. Tidak hanya untuk masakan, kayu manis juga digunakan untuk minuman, baik dalam bentuk batangan utuh atau bubuk. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya