Perkenalkan, Daging Ayam Sintesis

Daging ayam mentah.
Sumber :
  • Pixabay/RitaE

VIVA.co.id – Bagaimana jika ada seseorang mengatakan bahwa chicken fillet atau chicken teriyaki yang Anda makan dibuat tanpa membunuh satu ekor ayam pun, Anda mungkin tidak akan langsung percaya, bukan? Namun, kenyataannya, daging buatan sudah mulai dikembangkan.

Daftar Harga Pangan 13 Maret 2024: Daging Sapi, Cabai, hingga Telur Ayam Naik

Sebuah perusahaan budidaya daging Memphis Meats mengeluarkan produk terbaru mereka yaitu 'clean poultry meat'. Artinya, daging tersebut dibuat tanpa membunuh seekor unggas pun.

Jika sebelumnya sudah banyak produsen daging budidaya yang mampu membuat daging buatan, dilansir dari laman Foodbeast ini adalah kali pertama sebuah perusahaan mengembangkan daging dengan memanfaatkan sel tertentu yang didapat dari unggas, tentunya unggas yang mereka budidayakan.

Daftar Harga Pangan 1 Maret 2024: Beras, Daging hingga Telur Naik Lagi

Perusahaan ini memberikan tester kepada beberapa orang dengan menyajikan daging buatan ini dalam bentuk ayam goreng tepung dan beberapa olahan lain. Dalam percobaan ini didapati bahwa banyak yang menganggap daging ini lebih alot dari daging dada ayam asli, namun memiliki rasa yang hampir mirip dengan aslinya. Seluruh penikmat tester tersebut sepakat bahwa mereka mungkin akan menggunakan daging tersebut untuk diolah.

Diketahui bahwa Memphis Meat mengembangkan budidaya daging sebagai persiapan di masa depan saat produk daging alami tidak lagi banyak tersedia dan tidak ramah lingkungan.

Daftar Harga Pangan 28 Februari: Beras Medium Turun, Cabai Rawit Naik

Dengan budidaya daging menggunakan sel akan membuat produksi daging menjadi lebih ramah lingkungan yaitu mengurangi 90 persen penggunaan air, lahan dan mengurangi emisi gas karena jumlah rumah potong hewan juga akan turut berkurang.

Memphis Meat berencana akan memproduksi massal daging ini dan menjualnya di swalayan pada 2021 mendatang.

Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Mayoritas harga komoditas pangan terpantau naik. Hal ini tercatat pada komoditas beras premium, bawang, daging, telur ayam, gula konsumsi, hingga minyak gor

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024