Dapur Restoran di China Wajib Pasang CCTV

Ilustrasi restoran
Sumber :
  • Pixabay/Sponchia

VIVA.co.id – Sebagian orang mungkin ada yang khawatir mengenai keamanan dan kebersihan makanan yang akan mereka makan. Terutama, makanan yang tidak diolah sendiri, seperti di restoran. Terkait hal ini, China punya aturan yang ketat untuk restoran-restoran di negaranya.

Banyak Restoran China Bangkrut karena Warga Australia Paranoid Corona

Otoritas di negeri tirai bambu ini memberlakukan ketentuan, restoran wajib memasang Closed Circuit Television (CCTV) di setiap sisi dapur. Dilansir Shanghaiist, Jumat 18 Maret 2017, tercatat sebanyak 2 ribu restoran di China sudah memasang CCTV di dapur mereka.

Dengan begitu, pelanggan bisa memantau pesanan mereka lewat layar TV yang dipasang oleh pihak restoran di ruang hidangan.

Unik, Restoran Ini Bantu Pengunjungnya Mencari Jodoh

Tapi, kewajiban saat ini masih berlaku untuk restoran yang dikategorikan besar. Otoritas di China menyatakan, mulai beberapa tahun ke depan, hal yang sama juga akan diterapkan bagi restoran kecil, termasuk kantin dan kafe di sekolah-sekolah.

Aturan ini diberlakukan karena seringnya terjadi kasus pelanggaran keamanan makanan di Negeri Tirai Bambu itu hingga restoran wajib memasang CCTV di dapur tempat pelayanan makan umum ini diberlakukan.

Tergiur Aneka Menu Seafood Khas China, Yummy!

Wilayah Pudong, Shanghai sekitar 730 restoran telah memasang CCTV sejak bulan September tahun lalu.

Salah satu restoran China terkenal di Australia, Phoenix Chinese Restaurant yang terletak di Parramatta, Sydney, dinyatakan bangkrut pekan lalu akibat kekurangan pelanggan yang khawatir dengan penyebaran Virus Corona.

Sejumlah Restoran China Bangkrut karena Warga Australia Takut Corona

Kekhawatiran warga Australia atas virus Corona kini mulai makan korban

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2020