Cicipi Salmon Gyoza Pangsit Jepang dengan Spicy Mayonaise

Gyoza Salmon di Gyoza Bar Mall Central Park
Sumber :
  • Viva.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Meskipun berasal dari Negeri Sakura, sushi dan ramen kini menjadi hidangan yang populer di Tanah Air. Kedai atau restoran khusus sushi dan ramen pun mudah ditemui di banyak tempat.

Kini Hadir Onigiri yang Bisa Diminum, Bagaimana Rasanya?

Selain sushi dan ramen, ada satu lagi menu makanan Jepang yang cocok dengan lidah orang Indonesia, Gyoza (sejenis pangsit). Meskipun belum begitu populer, namun diprediksi akan disukai banyak orang terutama penggemar masakan Jepang.

Salah satu chef Tanah Air, Andy Ho mencoba menghadirkan Gyoza di tengah masyarakat khususnya yang berada di ibu kota dengan membuka restoran dengan nama Gyoza Bar. Restoran ini baru hadir pada 6 September  2016 lalu di Gedung Tribeca Lantai Dasar Mall Central Park, Jakarta Barat.

Serunya Santap Yakiniku dan Shabu-shabu Legendaris

Seperti namanya, restoran ini menjadikan gyoza sebagai menu andalan. Ada berbagai macam gyoza yang bisa Anda nikmati di sini seperti Mexican Spicy Chicken, Chicken Trufdle, Gyoza Salmon, Shrimp dan Vegetarian, Classic Pork Gyoza dan Gyoza Fu A Grayaki.

VIVA.co.id berkesempatan mencoba dua menu gyoza pada Selasa, 11 April 2017 yaitu Shrimp Gyoza dan Salmon Gyoza. Meskipun pada menu tertulis dua nama ikan, keduanya sama-sama memiliki bahan dasar utama yaitu daging ayam dan kulit gyoza tentunya.

Cobain 3 Hidangan Baru Khas Jepang, Bikin Nagih

Shrimp Gyoza terasa sangat lembut dan bumbu pada gyoza ini cukup terasa di mulut. Tampilannya saat disajikan mirip dengan otak-otak. Gyoza ini semakin nikmat saat dicelupkan ke dalam soy sauce.

Untuk menu Salmon Gyoza, rasanya lebih creamy dengan lelehan spicy mayonaise di atasnya. Rasanya lebih kaya dibanding Shrimp Gyoza. Anda akan merasakan lembutnya daging salmon pada gigitan pertama. Lagi, salmon ini juga dicampur dengan daging ayam.

Sedikit bercerita, sebelum menyantap gyoza Chef Andy mengajarkan sedikit cara membungkus gyoza. Beberapa helai gyoza disediakan di atas meja lengkap dengan isian gyoza berupa daging ayam giling yang sudah dicampur dengan udang giling, rebung dan ketumbar.

Isian gyoza ditaruh di bagian tengah kulit lalu pinggiran kulit diolesi air agar dapat merekat dengan sisi lain. Membentuknya pun susah-susah gampang, kulit gyoza kurang lebih dibentuk menyerupai kerutan pastel.

Kemudian gyoza yang sudah jadi dipanggang dengan nampan yang sudah diberi minyak mendidih. Lalu nampan tersebut diberi sedikit air dan gyoza dipanggang selama 5 menit dengan api penuh.

"Air itu gunanya untuk memastikan semua isian gyoza matang dengan sempurna," kata Chef Andy.

Tak hanya gyoza, Anda dapat menikmati aneka kuliner Jepang lain seperti Dorayaki dengan Green Tea Ice Cream, Japan French Fries, Salmon Pizza Sashimi dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin mencicipi gyoza ala Jepang, gunakan bir atau sake sebagai 'saus'. Restoran ini menyediakan menu tersebut.

Restoran dengan interior yang funky dan trendi ini menyuguhkan makanan dengan kisaran harga yang cukup ramah kantong yaitu berkisar antara Rp30 ribu - Rp60 ribu saja. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya