Jadi Miliuner Berkat Resep Warisan Keluarga

Kuliner Jepang.
Sumber :
  • Pixabay/takedahrs

VIVA.co.id – Nasib baik menghampiri seorang wanita bernama Hiroe Tanaka. Berkat peninggalan sang ayah, dia berhasil mendirikan bisnis makanan senilai jutaan dollar. Menariknya, peninggalan ini bukan berupa perusahaan atau harta benda mewah, melainkan sebuah resep makanan yang diracik sendiri oleh sang ayah.

Lezatnya Beef Bowl, Sajian Resep Spesial Restoran Jepang Yoshinoya Sejak 1899

Dilansir dari laman Daily Meal, saat memulai bisnisnya, Tanaka tidak sempat menamatkan pendidikannya di perguruan tinggi dan bekerja di sebuah restoran yang sudah bangkrut. Kala itu, ia hanya punya sebuah resep yang diwariskan sang ayah.

Singkat cerita, sembilan bulan setelahnya, resep Kushikatsu yang ditulis sendiri oleh sang ayah menjadikan Tanaka menjadi seorang miliuner. Kushikatsu sendiri adalah semacam street food atau jajanan pinggir jalan Jepang yang berupa daging dan sayur yang ditusuk seperti sate.

Cicip Ramen Khas Jepang dengan Kuah Kaldu Kaya Kolagen

Kushikatsu adalah resep asli milik ayah Tanaka. Resep ini sudah ada bahkan sejak ia kecil. Ayahnya sendiri meninggal saat Tanaka berusia 21 tahun. Hal ini membuatnya harus bekerja banting tulang menyambung hidup dan akhirnya bekerja dengan Keiji Nuki, seorang pemilik restoran.

Resep ini ia temui di sebuah kotak yang berisi memo dan catatan yang ditulis sang ayah sebelum meninggal. Bersama Nuki, Tanaka membuat sebuah kedai makanan pop-up. Tidak disangka, makanan ini menjadi viral dan banyak yang mengantre untuk mencicipi lezatnya Kushikatsu ini.

Obati Rindu Liburan ke Jepang di Japan Dining Festival

Resep tersebut membuat Tanaka yang dulunya merupakan seorang pekerja paruh waktu menjadi wakil pimpinan perusahaan, Kushikatsu Tanaka Co. Saat ini, perusahaan yang ia pimpin bernilai US$82 juta atau lebih dari Rp1 triliun, dengan 146 cabang di Jepang dan satu cabang di Hawaii.

"Aku selalu mengenang ayahku setiap hari. Ini semua terjadi berkat resepnya," ujar Tanaka.

Sukiyaki.

Menikmati Sukiyaki dengan Cita Rasa Autentik Jepang, Unik Pakai Lelehan Permen Kapas

Sukiyaki ala ‘Kansai’ berasal dari wilayah Kansai di selatan Honshu, Jepang. Kansai-style mengadopsi metode unik di mana dagingnya dibakar terlebih dahulu.

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2023