Begini Cara Aduk Adonan Agar Kue Tidak Bantat

Ilustrasi membuat kue.
Sumber :
  • Pixabay/Skitterphoto

VIVA.co.id – Jika Anda senang membuat kue, barangkali tidak asing dengan 'nasihat' bahwa saat mengaduk adonan harus dilakukan satu arah. Jika tidak, maka kue akan menjadi bantat atau gagal produksi.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Namun ternyata, menurut Chef Nugraha Ali Gunawandari dari Anchor Food Professional, anjuran tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurutnya, sah-sah saja jika Anda ingin mengaduk dengan arah berbeda-beda.

"Antara iya dan tidak. Bolak balik, berlawanan tidak masalah, asal jangan diobok-obok," kata pria yang akrab disapa Chef Petrus ini kepada VIVA.co.id baru-baru ini.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Menurutnya, prinsip mengaduk adonan kue adalah dari atas ke bawah atau folding, istilah Chef Petrus. Folding artinya menggulung adonan dari atas ke bawah.

Perlu diperhatikan, jika mengaduk adonan kue, pastikan tidak menghentak adonan karena akan membuat adonan menjadi bantat saat dipanggang.

dr. Zaidul Akbar: Begini Cara Mengolah Daging yang Sehat

"Mengaduk itu dari bawah ke atas, folding istilahnya. Digulung bukan dikopyok. Kalau dikopyok, nanti ada hentakan, adonan gampang bantat," katanya menambahkan.

Nah, sekarang jika ingin membuat kue Lebaran, sudah tahu kan cara mengaduk adonannya dengan benar? (ren)

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024