Saat Buat Kue Lebaran, Jangan Aduk Adonan Pakai Tangan

Ilustrasi kue Lebaran.
Sumber :
  • Pixabay/condesign

VIVA.co.id – Saat membuat kue di rumah, barangkali banyak di antara Anda yang masih mengandalkan kekuatan tangan, ketimbang mesin saat mengadon, atau mengaduk adonan. Boleh saja, namun ada hal yang perlu Anda ketahui saat mengadon dengan tangan, terutama jika Anda membuat adonan kue kering.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Chef Petrus Nugraha dari Anchor Food Professionals mengatakan, sebaiknya adonan jangan terlalu lama diadon dengan tangan, karena akan menyebabkan kue menjadi keras nantinya.

"Kalau kue kering jangan terlalu banyak mengadon, apalagi kalau pakai tangan karena tangan bersuhu 36 derajat (Celsius)," kata dia pada VIVA.co.id, saat ditemui belum lama ini.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Suhu tangan yang panas akan membuat elemen seperti butter misalnya, menjadi meleleh dan membuat kue tidak renyah nantinya.

Sebaiknya mengadon adonan kue kering, kata Chef Petrus, dilakukan dengan alat khusus. Namun, jika terpaksa menggunakan tangan, pastikan adona tidak terlalu sering disentuh.

Tips Menyimpan Kue Kering Supaya Awet dan Tahan Lama

"Memang pakai alat, jangan andalankan tangan. Mengaduknya enggak boleh terlalu banyak. Cookies kan resepnya sederhana, one time shot juga tidak apa-apa. Ada juga yang telur, mentega, kocok dulu baru (bahan) keringnya masuk, kemudian diuleni. Jadi, dinginkan dulu sebentar. Proses ini mempengaruhi keras atau tidaknya cookies," jelasnya. (asp)

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024