Tak Sulit Bikin Pizza Tuna Teriyaki di Rumah

Pizza tuna teriyaki.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria Fundrika

VIVA.co.id – Bagi para penggemar pizza, menyantap hidangan asal Italia ini tentunya memiliki kenikmatan tersendiri. Terlebih, ketika bisa mengkreasikannya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan favorit.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Selain bebas memilih topping yang disukai, membuat pizza di rumah juga bisa jadi momen menghabiskan waktu yang tepat bersama keluarga.

Tapi, tidak semua orang paham cara membuat pizza. Apalagi dalam hal membuat adonan rotinya. Salah-salah, yang ada pizza buatan Anda malah tak mengembang dan tentu saja tak enak disantap.

Restoran Pizza Autentik Italia Peraih 'Top 50 Pizza' Kini Hadir di Jakarta

Tapi jangan khawatir, Anda tetap bisa berkreasi membuat pizza di rumah, dengan mengikuti langkah-langkah yang disarankan oleh Apep Hendrawan, Executive Sous Chef Gran Melia Jakarta.

Untuk membuat adonan pizza sendiri, bahan yang diperlukan terbilang sederhana. Yakni hanya tepung, garam, ragi, air dan juga minyak zaitun. Apep pun membocorkan kunci dalam membuat adonan pizza kepada VIVA.co.id.

Gak Perlu ke Luar Negeri, Nongkrong ala Restoran Mewah New York Ada di Jakarta

"Pertama itu campurkan tepung dengan garam, kemudian aduk dengan tangan secara merata. Tapi ingat, jangan dulu memasukkan ragi ke dalam adonan, bisa-bisa nanti tidak mengembang," kata Apep di Jakarta, Rabu, 5 Juli 2017.

Langkah selanjutnya ialah dengan menambahkan air sedikit demi sedikit. Pada tahapan ini, terlalu banyak air juga akan membuat adoban encer. Setelah itu, barulah kemudian ditambahkan ragi, dan terakhir adalah minyak zaitun.

Untuk perbandingan tepung dan raginya sendiri, yakni kurang lebih 3 gram ragi untuk 300 gram tepung.

Setelah itu, adonan didiamkan kurang lebih di suhu ruangan dengan dibungkus menggunakan plastik hingga mengembang. Setelah itu, barulah adonan digiling dan disesuaikan dengan loyang.

"Yang harus diperhatikan ialah kuantitas dari bahan-bahan. Kemudian juga usahkan beri ruang pada loyang untuk adonan mengembang saat dipanggang," katanya.

Kemudian, tata topping pizza di atas adonan. Kali ini Apep membuat pizza tuna teriyaki, yang menjadi salah satu hidangan yang ditawarkan khusus bulan ini.

Adapun topping pizza itu antara lain saus tomat, keju mozzarella, tuna dan rumput laut kering. Setelah semua topping dimasukkan, baru pizza dipanggang di oven.

"Sebetulnya bisa pakai oven apa saja, yang terpenting atur suhu 300 derajat Celsius dan panggang dalam waktu delapan menit," kata dia.

Setelah matang, barulah rumput laut kering ditaburkan di atasnya dan juga mayonnaise. Pizza pun siap disantap. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya